Search This Blog

Apakah Makanan Bebas Gluten Lebih Sehat?

Metrotvnews.com, Jakarta: Makanan bebas gluten atau gluten-free memang sangat penting bagi orang-orang yang memiliki penyakit celiac atau masalah kesehatan lain yang berkaitan dengan gluten. 

Namun, bagi orang yang tidak memiliki kondisi kesehatan tersebut, makanan bebas gluten tidak lebih baik dibanding makanan dengan gluten.

Menghindari atau meminimalkan asupan gluten dapat membantu orang memilih makanan yang lebih sehat. Namun, jika Anda menghindari gluten sepenuhnya, Anda justru dapat mengalami kekurangan vitamin dan mineral penting.



Gluten merupakan sejenis protein yang ditemukan dalam biji-bijian tertentu seperti gandum, barley dan rye. Ketika orang dengan penyakit celiac mengonsumsi gluten, sistem kekebalan tubuh mereka memiliki reaksi abnormal dan menyebabkan peradangan dari usus kecil.

(Baca juga: Selain Penderita Celiac, Diet Bebas Gluten Semakin Banyak Peminat)

Hal ini dapat menyebabkan diare, anemia, nyeri tulang dan ruam kulit yang disebut dermatitis herpetiformis.

Makanan bebas gluten juga baik dikonsumsi oleh orang dengan kondisi yang disebut sensitivitas gluten. Kondisi ini tidak menyebabkan peradangan usus. Namun, ketika orang dengan kondisi ini makan gluten, mereka akan mengalami kram perut, diare, atau perut kembung.

Meski demikian, makanan bebas gluten dapat memberikan manfaat bagi orang-orang tanpa penyakit celiac atau sensitivitas gluten. Menghindari pasta atau roti putih dari makanan keseharian Anda dapat membantu mengurangi jumlah pengawet buatan dan karbohidrat olahan masuk ke dalam tubuh.

Diet bebas gluten biasanya memperbanyak asupan buah-buahan, sayuran dan makanan bebas gluten lain seperti susu rendah lemak dan sumber protein lain yang mengandung serat, vitamin, dan mineral.

Jika Anda tidak memiliki reaksi medis untuk gluten, mengikuti diet bebas gluten dapat membuat Anda kehilangan beberapa manfaat kesehatan dari gluten. 

Kebanyakan biji-bijian mengandung gluten. Biji-bijian ini kaya serat dan dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung, diabetes tipe 2 dan beberapa bentuk kanker. Biji-bijian utuh juga kaya vitamin B dan zat besi.



<iframe class="embedv" width="620" height="415" src="http://ift.tt/2iSBAd3; frameborder="0" scrolling="no" allowfullscreen></iframe>
Baca Berita Asal
Apakah Makanan Bebas Gluten Lebih Sehat?
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Apakah Makanan Bebas Gluten Lebih Sehat?"

Post a Comment

Powered by Blogger.