Search This Blog

Asupan Makanan Ini Mampu Kurangi Peradangan

Metrotvnews.com, Jakarta: Peradangan adalah respon kekebalan tubuh saat penyembuhan. Peradangan mampu membantu tubuh melawan virus atau bakteri.

Meskipun begitu, radang yang Anda rasakan bisa menjadi kronis dan pada ujungnya dapat merusak tubuh. Bahkan, beberapa penyakit serius dikaitkan dengan beberapa peradangan serius, yaitu jantung, kanker dan alzheimer.

Oleh karena itu, sangat penting untuk mengontrol radang yang terjadi. Salah satu caranya dengan mengonsumsi beberapa jenis asupan makanan yang berfungsi sebagai anti inflamasi, yaitu:

- Jus jeruk
Penelitian menunjukkan, segelas jus jeruk dapat membantu mengurangi peradangan.

Salah satu studi yang dipublikasikan dalam American Journal of Clinical Nutrition menemukan, mengonsumsi 100 persen jus jeruk dengan makanan lemak dan karbohidrat tinggi lebih baik mengurangi peradangan daripada air saja.

Selain itu, mengurangi peradangan dengan jus jeruk juga dapat membantu mendukung kesehatan jantung dan sirkulasi. Serta, meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dan kesehatan.

(Baca juga: Kenali Nutrisi Makanan Lewat Kata Kunci di Daftar Menu)

- Minyak zaitun
Senyawa dalam minyak zaitun berfungsi sebagai penanda inflamasi yang ditemukan dalam tubuh. Selainitu, minyak zaitun dapat membantu menyerap vitamin tertentu. Jadi cobalah menambahkan sedikit minyak zaitun untuk paprika panggang dan bawang untuk lauk yang kaya nutrisi.

- Blueberry
Salah satu jenis buah berry ini mengandung antioksidan, sebuah senyawa yang bertanggung jawab untuk berbagai efek positif dalam diet. Blueberry juga merupakan sumber yang sangat baik dari vitamin C, yang diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan jaringan dan penyembuhan luka. 

Vitamin C bertindak sebagai antioksidan, membantu melindungi sel-sel dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Satu cangkir blueberry menyediakan hampir 25 persen dari nilai harian untuk vitamin C.

- Serealia utuh (jagung, gandum, dan padi)
Sebuah studi menyebutkan, 80 peserta obesitas yang makan sereal gandum selama delapan minggu menunjukkan penurunan penanda inflamasi. 

Para peneliti berpikir, alasan serelia utuh menjadi salah satu anti-inflamasi dikarenakan memiliki lebih banyak serat daripada biji-bijian olahan. Selain itu, serelia utuh juga mampu mengurangi peradangan dalam darah.  



- Sayuran
Sayuran biasa atau berdaun hujau kaya akan vitamin dan mineral seperti fitokimia kalsium, zat besi. Penelitian menunjukkan bahwa sayuran(seperti brokoli, kembang kol, bok choy, dan kubis brussel dapat membantu mengurangi peradangan.

Salah satu studi yang meneliti asupan makanan 1000 wanita menyebutkan, peserta yang mengonsumsi sayuran memiliki tingkat perdangan lebih rendah. 

- Tomat 
Tomat merah sangat kaya likopen, senyawa nabati yang sehat dan terbukti mengurangi peradangan di paru-paru dan seluruh tubuh.




<iframe class="embedv" width="620" height="415" src="http://ift.tt/2j3A18x; frameborder="0" scrolling="no" allowfullscreen></iframe>
Baca Berita Asal
Asupan Makanan Ini Mampu Kurangi Peradangan
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Asupan Makanan Ini Mampu Kurangi Peradangan"

Post a Comment

Powered by Blogger.