Search This Blog

Buat Aturan di Rumah agar Anak Disiplin Sejak Dini

Metrotvnews.com, Jakarta: Sikap disiplin adalah salah satu hal yang harus dibentuk sejak dini agar kelak anak menjadi pribadi yang baik. Namun, sejak kapankah sebaiknya orangtua mulai mengajarkan nilai penting tersebut?

"Sebaiknya dimulai dari rumah dengan cara membuat aturan-aturan," saran Ui Birowo selaku Founder Tiga Generasi dalam konfrensi pers HiLo School Drawing Competition 2017, Rabu (26/1/2017).



Ia menerangkan, hal tersebut sudah diberlakukan pada kedua anaknya Arkananta Putra Birowo dan Mahija Safiq Birowo. Salah satu contohnya adalah anak selalu memberitahu ke mana pun dan apapun yang dilakukan agar orangtua tahu bagaimana keadaan anak.

Aturan seperti itu dibuat oleh istri komedian Indra Birowo agar anak bisa menjadi lebih disiplin dalam bertindak karena sudah dilatih sejak dini.

(Baca juga: Melanie Putria Ajari Anak Disiplin dengan Berlari)

"Dari cerita anak kepada kita, orangtua juga bisa sekaligus memberitahukan mana yang baik dan mana yang tidak pada anak. Jadi kita mendengarkan mereka, dan menanyakan terlebih dahulu pendapat mereka," terangnya.

Dengan demikian, ketika anak sudah mulai disiplin dan dapat membedakan mana yang benar atau salah, maka dia pun dapat menempatkan diri dengan baik saat berada di lingkungan yang baru dan tidak mudah terintervensi dengan hal-hal buruk.

"Hal-hal seperti itu harus diingatkan setiap hari. Kita sebagai orangtua menanamkan nilai-nilai pada anak setiap kali mereka bercerita dengan cara mendengarkan dan membicarakannya baik-baik," sarannya. 







Baca Berita Asal
Buat Aturan di Rumah agar Anak Disiplin Sejak Dini
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Buat Aturan di Rumah agar Anak Disiplin Sejak Dini"

Post a Comment

Powered by Blogger.