Search This Blog

Atasi Gangguan Pencernaan dengan 9 Makanan Ini

Metrotvnews.com, Jakarta: Apakah Anda sering merasa bermasalah pada perut? Jika iya, Anda mungkin mengalami gangguan pencernaan.

Gangguan pencernaan mungkin tidak seserius masalah kesehatan lainnya, tetapi kerap menimbulkan ketidaknyamananan. Masalah ini terjadi karena ada hal yang membuat makanan susah dicerna oleh sistem pencernaan.

Gejala paling umum gangguan pencernaan adalah rasa tidak nyaman di perut, merasa kenyang lebih awal, kembung, keasama, sakit perut, mual, sembelit, diare dan lain sebagainya. Jika tak sering mengkonsumsi makanan berserta dan kaya vitamin, tubuh rentan terkena gangguan pencernaan.

Ada 9 makanan yang membantu memerangi masalah pencernaan, dikutip dari Boldsky, Jumat (6/1/2017).

1. Biji-bijian
Biji-bijian utuh kaya akan vitamin B-1 yang dapat memperkuat jaringan pencernaan dan memungkinkannya berfungsi lebih baik. Selain biji-bijian, sumber lain yang kaya akan vitamin B-1 adalah daging tanpa lemak.

2. Kacang-kacangan
Kacang kaya akan vitamin B-3 yang dapat mengobati gangguan pencernaan dan mengurangi risiko kolesterol tinggi. Sedangkan tumbuhan lain yang mengandung vitamin B-3 adalah bit.

3. Ikan
Kandungan vitamin B-12 nya akan membantu tubuh mengatur sistem pencernaan. Mengonsumsinya secara teratur juga bisa meningkatkan fungsi pencernaan Anda.

4. Kedelai
Kedelai kaya akan kandungan vitamin B-2 yang bisa memaksimalkan fungsi pencernaan dan mencegah sembelit. Sementara makanan yang mengandung vitamin B-2 lainnya adalah jamur, telur dan kacang-kacangan.

5. Telur
Bila mengkonsumsinya secara teratur, maka kandungan vitamin B-5 dalam telur bisa membantu melancarkan gangguan pencernaan. Selain itu telur juga menyehatkan karena kaya akan protein.

6. Wortel
Wortel kaya akan vitamin A dan vitamin B-6 yang dapat meringankan masalah pencernaan juga kardiovaskuler. Sumber vitamin B-6 lainnya juga bisa didapat dari unggas.

7. Alpukat
Buah alpukat kaya akan vitamin B-7 yang dapat merangsang produksi cairan pencernaan. Sehingga membantu sistem pencernaan menjadi lebih baik.

8. Tomat
Si bulat merah ini kaya akan vitamin C. Ini bisa membantu sistem pencernaan lebih baik an meredamkan rasa mulas.

9. Oats
Oat mengandung banyak serat dan vitamin D. Mengkonsumsinya secara teratur bisa membantu mengobati berbagai macam gangguan pencernaan.

 
Baca Berita Asal
Atasi Gangguan Pencernaan dengan 9 Makanan Ini
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Atasi Gangguan Pencernaan dengan 9 Makanan Ini"

Post a Comment

Powered by Blogger.