Search This Blog

Cokelat, Obat Cemas Terbaik

Metrotvnews.com, Jakarta: Cokelat terbukti secara klinis dapat menciptakan perasaan bahagia. Pakar neurofisiologi Will Clower mengatakan, cokelat dapat menghubungkan titik-titik antara pikiran dan tubuh melalui respons emosional kenikmatan.

Makan cokelat mungkin menjadi yang terbaik sebagai obat alami untuk kegelisahan Anda, demikian berdasarkan penelitian.

Cokelat dan Kortisol

Stres memicu produksi kortisol atau hormon stres pada tubuh. Hormon ini juga banyak terdapat pada perempuan obesitas, berakumulasi dengan lemak perut (visceral) yang kemudian berkontribusi menyebabkan depresi, penyakit jantung, dan stroke.

Studi yang dilakukan pada 2009 lalu menemukan, makan 40 gram cokelat setiap hari selama dua minggu dapat menurunkan 10 persen kecemasan. Demikian pula dengan rasa tenang yang meningkat 10 persen.

Studi menemukan bahwa makanan manis memiliki dampak positif pada suasana hati dan kecemasan. Orang yang sering mengonsumsi cokelat memungkinkan tubuh membangun tingkat polifenol kakao, yang bertanggungjawab mengatur hormon stres.

"Polifenol kakao tidak langsung meningkatkan suasana hati, kepuasan, atau ketenangan. Ini terjadi hanya ketika cokelat dimakan terus menerus dan perlahan," katanya.

Tetapi, Anda tidak akan mendapatkan keuntungan dari cokelat jika mengonsumsi permen atau hanya makan cokelat sehari. Jika Anda ingin cokelat benar-benar bisa membuat Anda bahagia dan tidak stres, cobalah trik berikut.

1. Dark chocolate lebih mengurangi stres dibanding milk chocolate. Cokelat susu lebih banyak mengandung gula dan zat adiktif lain. Selain itu, susu akan menghalangi penyerapan antioksidan antidepresan ke dalam tubuh. Setidaknya, konsumsi cokelat yang mengandung dark chocolate 70 persen.

2. Makan dalam jumlah sedikit lebih mudah untuk cokelat bereaksi melawan stres dan kecemasan. Clower menyarankan, setidaknya makan cokelat 40 mg sehari.

3. Makan perlahan dan tidak dikunyah atau menghisap potongan cokelat Anda akan lebih bermanfaat untuk tubuh. Agar hasilnya maksimal, sebaiknya biarkan potongan cokelat mencair di lidah Anda secara perlahan. Otak Anda dan indera pengecap akan berpikir Anda makan cokelat sepanjang waktu sehingga Anda lebih merasa tenang.(Rodale Wellness)

 
Baca Berita Asal
Cokelat, Obat Cemas Terbaik
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Cokelat, Obat Cemas Terbaik"

Post a Comment

Powered by Blogger.