Search This Blog

Ketahui Penyebab Bibir Sumbing

Metrotvnews.com, Jakarta: Belum banyak yang tau mengenai penyebab bibir sumbing. Kebanyakan, penderita bibir sumbing tidak dapat bersosialisasi dengan baik lantaran malu. Hal tersebut, secara tidak langsung memengaruhi kualitas hidup penderita.

Disitat Web MD, bibir sumbing terbentuk sejak sejak seseorang masih berwujud janin di dalam kandungan. 

Bibir sumbing terjadi karena tidak cukupnya jaringan di area mulut atau bibir. Atau, jaringan yang ada tidak terbentuk secara sempurna. Paparan bahan kimia dan virus pada ibu hamil, juga merupakan salah satu faktor. 

Beberapa kasus bibir sumbing juga berkaitan dengan kondisi kesehatan ibu selama kehamilan. Beberapa obat, dapat menyebabkan kondisi tersebut. Misalnya, obat anti kejang (antikonvulsan), obat anti jerawat yang mengandung bahan accutane dan methotrexate, serta beberapa obat kanker, arthritis dan psoriasis.

Ditinjau dari segi medis, bibir sumbing memengaruhi beberapa aspek kesehatan penderitanya, di antaranya:

1. Masalah makan

Penderita bibir sumbing seringkali kesulitan saat makan. Tak jarang, mereka merasa tersiksa karena makanan dan minuman yang mereka makan keluar lagi lewat hidung. 

Untuk balita yang menderita bibir sumbing, ada botol bayi dirancang khsusus agar makanan dan minuman tetap mengalir ke tenggorokan. Agar penderita bibir sumbing tetap sehat, pastikan mereka menerima nutrisi yang tepat dan makan dengan cara yang benar.

2. Infeksi telinga

Penderita bibir sumbing seringkali mengalami infeksi telinga. Sebab, sangat rentan terjadi penumpukan cairan di telinga bagian tengah mereka. Anak dengan bibir sumbing harus mengontrol kesehatan telinga secara berkala, paling tidak setahun sekali. Jika tidak, penumpukan cairan dapat menyebabkan gangguan pendengaran yang serius.

Dokter biasanya menaruh tabung khusus yang ditempatkan di gendang telinga untuk membantu mengeluarkan cairan pada penderita bibir sumbing. 

3. Kesulitan bicara

Penderita bibir sumbing umumnya kesulitan berbicara karena ada banyak udara di hidung yang ikut keluar saat penderita berbicara. Namun, tak semua penderita mengalami masalah ini. Kondisi ini akan hilang setelah operasi.

4. Masalah gigi

Penderita bibir sumbing lebih rentan mengalami masalah ortodonti, yang paling sering adalah masalah gigi berlubang.


Sejauh ini, langkah paling efektif untuk mengatasi bibir sumbing adalah dengan melakukan bedah plastik. Sebelum dilakukan penanganan, penderita diarahkan untuk rutin melakukan kontrol terhadap hidung, telinga, dan mulut.
Baca Berita Asal
Ketahui Penyebab Bibir Sumbing
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ketahui Penyebab Bibir Sumbing"

Post a Comment

Powered by Blogger.