Search This Blog

Anjing Bisa Deteksi Malaria pada Manusia

Metrotvnews.com, Jakarta: Para peneliti mengklaim, bahwa anjing bisa mencium penderita panyakit malaria melalui indra penciuman akut. Hal tersebut bisa menyelamatkan ribuan kehidupan melaui deteksi cepat dan non invasif.

Bill and Melinda Gates Foundation telah menganugerahi sebuah hibah untuk komisi penelitian di Durham University, Medical Detection Dogs dan London School of Hygiene and Tropical Medicine, bersama rekan-rekan di Gambia.

Diharapkan hewan tersebut dapat mendeteksi bau yang berhubungan dengan kondisi tersebut, yang terlalu halus untuk diidentifikasi oleh manusia. Penelitian sebelumnya menyebutkan bahwa anjing juga bisa mendeteksi kanker pada manusia dengan akurasi tinggi.

Steve Lindsay, ahli dalam pengembangan pengukuran kontrol malaria di Sekolah Ilmu Biologi dan Biomedis di Durham University mengungkapkan, "penelitian baru-baru ini sudah mendemonstrasikan bahwa pasien yang terinfeksi parasit malaria memiliki bau napas yang lebih spesifik dan akan menghilang setelah pengobatan."

Ia manambahkan, nyamuk malaria lebih senang menggigit penderita malaria, yang sudah bisa diidentifikasi melalui baunya.

Menggunakan anjing untuk deteksi parasit membawa banyak keuntungan seperti, non invasif (tanpa pembedahan), mudah dibawa kemanapun, tak memerlukan laboratorium, bisa dilakukan di lapangan, dan digunakan untuk tes dengan banyak sampel.

"Dengan menggunakan anjing, kita dapat dengan cepat menemukan dan mengobati orang yang terkena malaria," katanya, seperti dikutip Independent.

Dr Claire Guest, CEO dari Medical Detection Dogs menjelaskan bahwa anjing memiliki kemampuan penciuman yang luar biasa.

"Mereka dapat mendeteksi bagian per triliun, yang setara dengan satu sendok gula di dua kolam renang ukuran Olimpiade. Dalam uji coba pelatihan, mereka telah membuktikan diri memiliki tingkat akurasi sebanyak 93 persen dalam mendeteksi kanker. Saya merasa yakin mereka akan belajar untuk mendeteksi bau malaria," ujarnya.

Agustus 2015, penggunaan anjing untuk mendeksi kanker telah disetujui oleh NHS.

Pada 2015, terdapat 214 juta kasus malaria secara global dan sekitar 438 ribu diantaranya menyebabkan kematian.
Baca Berita Asal
Anjing Bisa Deteksi Malaria pada Manusia
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Anjing Bisa Deteksi Malaria pada Manusia"

Post a Comment

Powered by Blogger.