Search This Blog

Penyakit Tidak Menular Sumbang Angka Kematian Terbesar di Indonesia

Metrotvnews.com, Jakarta: Menurut data WHO, Indonesia menduduki urutan kedua di ASEAN untuk tingkat kematian akibat penyakit tidak menular (PTM).

"Berdasarkan data 2012, 3 dari 4 kematian di Indonesia disebabkan oleh PTM," ujar Maria Fajarini, MSc, peneliti dari perusahaan konsultan Evidence & Analytics dalam acara National Seminar on Non-communicable and Life Style Diseases, Kamis (19/5/2016).

Sisanya, kematian disebabkan oleh penyakit menular, masalah maternal, prenatal, dan nutrisi, dan kecelakaan.

Terdapat 828 penderita PTM pada setiap 100 ribu populasi di Indonesia. Filipina menduduki peringkat pertama dengan total penderita PTM 906 orang di setiap populasi yang sama. Sementara itu, Thailand, Malaysia, dan Vietnam berada di bawah Indonesia dengan lebih dari 600 penderita.

Pada 2012, penyebab kematian akibat PTM dipicu oleh penyakit kardiovaskular. penyakit ini, juga menjadi salah satu penyebab stroke.

Berdasarkan data, Indonesia dan Filipina adalah negara dengan jumlah penderita penyakit jantung terbanyak, dengan perbandingan 336 dan 335 orang per 100 ribu penduduk.

Presentase kematian yang disebabkan oleh stroke akibat penyakit jantung di Indonesia adalah 58 persen, dimana ini adalah jumlah tertinggi dibanding negara ASEAN lainnya.

Sementara itu, penyakit PTM yang juga perlu diperhatikan adalah diabetes. Pada 2013, jumlah penderita diabetes di Indonesia adalah 5,8 persen, sama dengan Vietnam. Angka ini masih berada di bawah Malaysia (10,9 persen) Singapura (10,4 peran), dan Filipina (6,9 persen).
Baca Berita Asal
Penyakit Tidak Menular Sumbang Angka Kematian Terbesar di Indonesia
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Penyakit Tidak Menular Sumbang Angka Kematian Terbesar di Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.