Search This Blog

5 Penyakit Ini Bisa Diterapi dengan Hewan Peliharaan

Metrotvnews.com, Jakarta: Memiliki hewan peliharaan ternyata tak hanya berguna sebagai teman, tetapi juga pengontrol penyakit.

Anjing, sebagai salah satu jenis hewan yang paling banyak dipelihara, ternyata juga bisa membantu mengontol beberapa penyakit agar tidak semakin berbahaya. Tentunya, harus menggunakan anjing yang telah terlatih.

Penyakit apa saja yang membutuhkan terapi pendamping hewan peliharaan?

1. Autisme

Anjing memiliki kemampuan menenangkan, sehingga sangat baik untuk mendampingi penyandang autisme. Bahkan, organisasi Autism Service Dogs of America melatih para anjing untuk membantu penderita autisme meningkatkan kemampuan sosial, agar mereka merasa lebih aman ketika berada di publik.

2. Asma

Anjing bisa dilatih untuk mengetahui kondisi kesehatan pemiliknya, terutama yang memiliki asma.Naluri penciuman anjing dapat memberi peringatan pada pemilik jika mereka mendekati hal-hal yang bisa memicu timbulnya asma.

3. Kejang

Ada dua jenis anjing yang dilatih untuk menangani kejang. Pertama, untuk merespons saat terjadi dan memberi peringatan sebelum terjadi. Sama seperti asma, jika pemiliki terserang kejang, maka anjing akan menggonggong untuk menarik perhatian orang sekitar.

4. Cedera otak traumatis

Penderita penyakit ini bisa mengalami banyak gejala, mulai dari keterbatasan fisik hingga tekanan emosional. Anjing yang sudah terlatih akan menemani pemiliknya dengan keseimbangan dan mobilitas, sehingga membantu dalam melakukan kegiatan sehari-hari seperti berpakaian hingga bersih-bersih. Penyakit ini biasanya disertai dengan efek samping pada mental, seperti depresi atau rasa cemas. Hewan peliharaan ini dapat memenangkan dan memberi kenyamanan saat mengalami gangguan tersebut.

5. Lupus

Lupus adalah penyakit autoimun yang bisa menyebabkan kelelahan ekstrim, nyeri sendi, hingga kehilangan memori. Anjing dalam hal ini bisa memberikan bantuan-bantuan kecil saat pemiliknya sedang merasa kelelahan, seperti membukakan pintu atau mendorong kereta belanjaan, atau menjadi pegangan saat pemiliki kesulitan bangun dari duduk.
Baca Berita Asal
5 Penyakit Ini Bisa Diterapi dengan Hewan Peliharaan
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "5 Penyakit Ini Bisa Diterapi dengan Hewan Peliharaan"

Post a Comment

Powered by Blogger.