Search This Blog

Tetap Sehat dan Bugar Selama Puasa

Metrotvnews.com, Jakarta: Menjalankan puasa harus dibarengi tubuh yang sehat dan bugar. Sebab, saat berpuasa pola makan berubah.

Ada baiknya mengonsumsi suplemen untuk menghindari serangan penyakit.

"Saat sahur, biasanya orang tidak makan makanan dengan nutrisi lengkap, jadi bisa gunakan multivitamin agar tetap berenergi," ujar Dr. dr. Samuel Oetoro, MS, SpGK(K) dalam edukasi kesehatan bertajuk Peran Vitamin dan Mineral dalam Menjaga Kesehatan, Selasa (31/5/2016).

Meski demikian, multivitamin sebaiknya juga tidak dikonsumsi secara berlebihan untuk menghindari efek samping yang tidak diinginkan.

Tak hanya makanan, minuman juga harus diperhatikan. Perlu diingat, untuk tidak menutup makan sahur dengan minuman manis. Sebab, gula hanya memberi tenaga dalam waktu singkat.

"Gula bikin kadar gula melonjak dalam waktu setengah jam, tapi 2 jam kemudian turun," terangnya.

Untuk berbuka, Dr. Samuel juga menyarankan untuk mengonsumsi makanan serat tinggi dan kompleks agar tubuh tetap sehat dan bugar, seperti jus buah.

Agar pencernaan tetap lancar, nasi merah bisa menjadi pilihan untuk berbuka karena mengandung karbohidrat kompleks.

Bolehkah mengemil usai puasa?

Mengemil tentu boleh saja asalkan porsinya tidak berlebihan. Contoh camilan yang baik adalah camilan yang mengandung asam folat tinggi, yang ada pada sayur dan buah.

Agar-agar juga termasuk baik dikonsumsi sebagai camilan  karena tinggi kandungan serat. Namun, usahakan tidak menggunakan pemanis untuk mencegah lonjakan gula darah.

"Untuk mengganti pemanis buatan, bisa menggunakan air kelapa," kata Samuel, menyarankan.

"Dalam satu agar-agar, pakaialah tiga air kelapa kecil, misalnya air kelapa Thailand. Atau bisa juga satu air kelapa muda. Dagingnya bisa juga dijadikan untuk variasi," sarannya.
Baca Berita Asal
Tetap Sehat dan Bugar Selama Puasa
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Tetap Sehat dan Bugar Selama Puasa"

Post a Comment

Powered by Blogger.