Search This Blog

Kapan Waktu Terbaik untuk Belajar?

Metrotvnews.com, Jakarta: Kapan waktu terbaik untuk belajar? Hal tersebut acap kali menjadi pertanyaan banyak orang.

Para ahli sepakat, tidak ada waktu yang benar-benar baik untuk belajar. Keberhasilan dalam menyerap pelajaran pada seseorang dipengaruhi berbagai faktor, seperti suasana ruang belajar, kondusifitas, dan kesehatan. Bahkan, gaya duduk pun kadang memengaruhi suasana hati orang dalam belajar.

Meski demikian, belajar pada malam atau pagi masing-masing memiliki kelebihan dan kekurang tersendiri, sebagaimana dilansir dari situs Examtime.

Belajar pada pagi hari

1. Istirahat malam membuat Anda memiliki banyak energi di pagi hari. Anda pun bisa dengan mudah berkonsentrasi jika belajar pada pagi hari.

2. Belajar pada waktu pagi hari tidak membutuhkan cahaya buatan. Berbeda halnya jika belajar pada malam hari. Lampu yang digunakan untuk belajar seringkali menyebabkan gangguan pada mata, dan memengaruhi ritme tidur.

Belajar pada malam hari

1. Orang pada umumnya lebih kreatif pada malam hari. Kebanyakan, kelompok night owl biasanya memiliki gagasan yang lebih brilian ketimbang morning person.

2. Suasana belajar pada malam hari umumnya lebih tenang, sehingga Anda bisa menyerap pelajaran dengan baik.

3. Kekurangannya, para night owl lebih berisiko terkena insomnia dan berbagai penyakit lainnya.

Tips sehat belajar pada malam hari

Rutin: Jika Anda memutuskan belajar pada malam hari, lakukan itu secara rutin agar tubuh memiliki ritme sirkadian yang teratur. Jika tidak, tubuh Anda akan kaget dan sakit.

Istirahat: Begadang harus diimbangi dengan istirahat cukup untuk menghindari serangan berbagai penyakit. Ambil waktu istirahat 5-10 menit setiap 50 menit sekali. untuk beristirahat.

Cahaya cukup: Jangan belajar di tempat gelap atau menggunakan lampu bercahaya redup untuk menghindari kerusakan pada mata Anda.

Musik: Belajar pada malam hari dapat mendorong kreativitas. Ada baiknya mengombinasikan belajar dengan musik agar Anda bisa lebih bersemangat.
Baca Berita Asal
Kapan Waktu Terbaik untuk Belajar?
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kapan Waktu Terbaik untuk Belajar?"

Post a Comment

Powered by Blogger.