Search This Blog

Pentingnya Cek Kadar Kolesterol

Metrotvnews.com, Jakarta: Kolesterol sering dikaitkan sebagai penyebab berbagai jenis penyakit. Misalnya, jantung, asam urat, dan stroke.

Kolesterol merupakan metabolit yang mengandung lemak sterol, yang ditemukan dalam membran sel dan disirkulasikan dalam plasma darah.

Kolesterol yang terlalu banyak akan menempel pada arteri, pembuluh darah yang membawa aliran darah ke jantung. Jika terjadi penumpukan, lama-lama akan menyebabkan pengerasan arteri sehingga menghambat laju aliran darah. Akibatnya, darah yang seharusnya mengalir ke jantung dan otak tertahan. Hal ini yang kemudian menyebabkan stroke dan serangan jantung.

Jenis-jenis kolesterol

Kolestrol dibagi menjadi 2 jenis, yakni kolesterol baik dan kolesterol jahat.

Kolesterol baik dikenal dengan sebutan High Density Lipoprotein (HDL). HDL berfungsi memperbaiki kerusakan dan mengurangi kolesterol jahat dari tubuh dengan cara mengangkut semua kolesterol jahat dari jaringan tubuh untuk dibuang.

Sebaliknya, kolesterol jahat disebut dengan Low Density Lipoprotein (LDL). Kolesterol ini berkaitan dengan penyakit jantung dan stroke.

Mengurangi kolesterol jahat di dalam tubuh bisa dilakukan dengan menganut pola hidup sehat, seperti rutin berolahraga, konsumsi makanan tinggi serat, dan menghindari lemak tak jenuh. Makanan yang bisa meningkatkan HDL, di antaranya sayuran hijau, buah, biji-bijian, dan produk susu rendah lemak.

Adapun makanan yang harus dikurangi adalah makanan yang tinggi lemak jenuh, misalnya daging, kulit ayam, santan, dan masih banyak lagi.

Pentingnya memeriksa kadar kolesterol

Mengetahui tingkat kolesterol penting sebagai pencegahan dini terhadap risiko yang tidak diinginkan. Selain faktor makanan, tinggi kadar kolesterol jahat di dalam tubuh biasanya dipengaruhi faktor kelebihan berat badan, usia, kebiasaan merokok, dan genetis.

Para ahli mengatakan, peningkatan kolesterol jahat dimulai sejak usia 20 tahun. Sementara, Anda yang memiliki riwayat keluarga dengan kolesterol tinggi dan penyakit jantung, disarankan mulai menjalani pola hidup sehat sejak memasuki usia puber. (Web MD)
Baca Berita Asal
Pentingnya Cek Kadar Kolesterol
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pentingnya Cek Kadar Kolesterol"

Post a Comment

Powered by Blogger.