Search This Blog

Benarkah Vitamin A Hanya Terdapat pada Sayuran?

Metrotvnews.com, Jakarta: Vitamin A adalah salah satu nutrisi yang memiliki penting bagi tubuh. Namun, tahukah Anda bila vitamin A hanya bisa didapatkan pada bahan makanan hewani saja?

"Bentuk aktif vitamin A terdapat pada bahan makanan hewani seperti hati, telur, dan susu full cream. Kalau pada nabati, itu disebut karetenoid," jelas dokter spesialis gizi klinik, Dr. dr. Samuel Oetoro, MS, SpGK(K) dalam edukasi kesehatan bertajuk Peran Vitamin dan Mineral dalam Menjaga Kesehatan, Selasa (31/5/2016).

Karetenoid adalah preformed vit A yang nantinya akan dimetabolisme oleh tubuh dan berubah menjadi vitamin A aktif. Karetenoid dapat berupa betakaroten, lutein, likopen.

Perbedaan keduanya terletak pada dosis yang dibutuhkan tubuh. Dosis aman vitamin A adalah 10 ribu IU/ hari. Sementara, untuk ibu hamil lebih sedikit lagi, yaitu 8 ribu IU/hari. Jika kelebihan, maka akan menyaeabkan kerusakan hati dan berpengaruh pada tulang.

Sementara, betakaroten aman dikonsumsi sampai dosis 30 mg/hari dan tak memberi efek samping berbahaya bagi tubuh bila dikonsumsi berlebihan. Nantinya, kelebihan vitamin akan diakumulasi ke kulit dan sklera.

"Makanya tak masalah bila Anda mengkonsumsi banyak buah atau sayur yang mengandung karetenoid dalam jumlah banyak," terangnya.

Vitamin A sendiri memiliki banyak manfaat yang berhubungan dengan kesehatan mata, kulit, imunitas, dan regenerasi selaput lendir saluran cerna.
Baca Berita Asal
Benarkah Vitamin A Hanya Terdapat pada Sayuran?
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Benarkah Vitamin A Hanya Terdapat pada Sayuran?"

Post a Comment

Powered by Blogger.