Search This Blog

Apa Itu Yoga Hatha Klasik?

Metrotvnews.com, Jakarta: Ada berbagai macam teknik yoga yang kini ditawarkan. Salah satunya adalah yoga hatha klasik. Jenis olahraga apakah ini?

"Ini adalah jenis yoga untuk menyeimbangkan tubuh bagian kanan dan kiri yang diawali dengan detoksifikasi," ujar master yoga, Yogi Charu, saat ditemui Metrotvnews.com di Jakarta.

Tidak seperti jenis yoga pada umumnya, yoga hatha klasik ini tidak hanya memelajari seputar postur dan cara pernapasan saja. Olahraga ini mencakup keseluruhan yaitu, detoksifikasi, rileksasi, pernapasan, memperbaiki kualitas otak dan mental untuk melepaskan kenegatifan.

Yoga hatha klasik dimulai dengan detoksifikasi di mana ada beberapa langkah yang dilakukan. Pertama, Jala dan Sutra Neti dilakukan pembersihan hidung dengan cara menggunakan air dan benang. Kemudian, dilakukan juga Vastra Dhauti yang melakukan pembersihan bagian kerongkongan dengan menggunakan kain.

Ada juga Shankalaprakshana yang merupakan proses pembersihan usus agar pencernaan lancar. Hal tersebut dilakukan dengan cara memijat bagian organ inti seperti hati, ginjal, dan organ lain di bagian perut. Pemfokusan mata juga dilakukan dengan cara melihat pada satu arah, biasanya lilin, tanpa berkedip yang dikenal dengan istilah Tratak. Selain itu, ada juga detoksifikasi dalam bentuk pengaturan pernapasan.

Setelah detoksifikasi, dilakukan olahraga postur dan pernapasan untuk menghasilkan energi dalam tubuh serta membuat pikiran tenang dan fokus. Tahap selanjutnya adalah rileksasi dan meditasi yang membuat seseorang menjadi mengerti tentang tujuan hidup, seperti apa yang dinginkan dalam hidup, sisi positif apa yang bisa disebarkan, serta bagaimana pertumbuhan dia sebagai seorang manusia.

Pemilik studi yoga di The Bhakti Center New York tersebut juga menjelaskan bahwa yoga tak hanya sekadar untuk berpose, namun untuk mengendalikan perasaan negatif yang ada dalam tubuh sehingga seseorang menjadi lebih tenang.

Oleh karena itu, ia menyarankan agar sebaiknya yoga jenis ini dilakukan setiap hari selama 15 menit di rumah. Namun, melakukannya secara grup juga baik untuk dilakukan agar bisa saling menginspirasi tentang bagaimana manfaat yoga yang telah dialami. Baiknya, lakukan yoga grup sekali atau dua kali dalam seminggu.
Baca Berita Asal
Apa Itu Yoga Hatha Klasik?
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Apa Itu Yoga Hatha Klasik?"

Post a Comment

Powered by Blogger.