Search This Blog

Kebiasaan Ini Memicu Penurunan Imunitas Tubuh

Metrotvnews.com, Jakarta: Imunitas atau kekebalan tubuh seseorang dipengaruhi faktor usia dan gaya hidup. Artinya, kebiasaan tertentu mampu memicu penurunan imunitas.

Berikut ini, kegiatan yang dapat menurunkan imunitas, seperti dilansir Boldsky.

1. Berlibur

Ketika Anda pergi ke tempat baru, tubuh akan bekerja lebih keras untuk memproteksi diri dari serangan kuman dan bakteri. Pasalnya, tubuh harus menyesuaikan diri dengan lingkungan baru.

Makanan baru yang Anda cicipi di tempat yang baru juga berpotensi menurunkan kekebalan tubuh, jika makanan tersebut tidak higienis atau belum pernah Anda coba sebelumnya.

2. Antasida

Anastasida merupakan obat yang mengurangi asam di lambung. Namun, penggunaan anastasida jangka panjang ternyata mengurangi kekebalan tubuh.

3. Alkohol

Alkohol memperlambat produksi sel darah sehingga berpengaruh pada imunitas tubuh.

4. Kesepian

Meskipun sulit dipercaya, namun kesepian dapat membuat imunitas melemah. Ya, kehidupan sosial memang penting untuk kesehatan tubuh. 

5. Diet 

Diet ekstrim dapat mengambil berbagai nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh. Jika tubuh tidak fit, maka imunitas otomatis menurun.

6. Antibiotik

Antibiotik berfungsi membunuh kuman dan mempercepat proses penyembuhan penyakit tertentu. Namun, pada beberapa kasus, antibiotik juga merusak imunitas tubuh.

7. Tablet dan pil

Tablet, pil, atau obat penghilang nyeri juga dapat menurunkan imunitas tubuh jika dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama.

8. Kurang tidur

Gaya hidup satu ini menjadi salah satu penyebab utama rusaknya imunitas. Cintai tubuh Anda dengan cukup tidur. 
Baca Berita Asal
Kebiasaan Ini Memicu Penurunan Imunitas Tubuh
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kebiasaan Ini Memicu Penurunan Imunitas Tubuh"

Post a Comment

Powered by Blogger.