Search This Blog

Umur Bisa Diukur Melalui Tes Darah?

Metrotvnews.com, Jakarta: Setiap orang tidak bisa memprediksi berapa tahun akan hidup di dunia ini. Sebab, kita percaya bahwa masalah umur berada di tangan tuhan.

Tapi, berkat kemajuan teknologi genetika dan katalogisasi biomarker, berapa lama akan hidup bisa diprediksi melalui tes darah. 

Hal itu dilakukan untuk melihat dan memperhitungkan risiko dan memprediksi penyakit apa yang akan diderita oleh seseorang. "Berapa nilai prediksi dan risiko sudah ada untuk memproyeksikan penyakit tertentu," kata peneliti melalui Science Daily saat dikutip dari Newser.com.

(Baca juga: 5 Rahasia Panjang Umur)

"Kami mengambil langkah lain dengan menunjukkan bahwa pola-pola kelompok biomarker tertentu dapat menunjukkan seberapa baik penuaan seseorang, selain itu risiko sindrom yang berkaitan dengan usia dan penyakit," lanjut dia.

Hasil penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Aging Cell, menerangkan bahwa mereka mengukur kadar 19 biomarker dalam sampel darah 4.700 orang yang terdaftar di Long Life Family Study. 

Melalui biomarker, peneliti melihat tingkat kesehatan sistem kekebalan tubuh, metabolisme dan ginjal peserta yang berusia 30 hingga 110 tahun. Peneliti juga mengidentifikasi 26 tanda biomarker, diantaranya fungsi fisik, kognitif, risiko diabetes tipe 2, dan lainnya.

Sains 2,0 melaporkan, tes darah dapat memberitahu resiko penyakit yang akan diderita seseorang sebelum gejalanya muncul. Sehingga, tindakan pencegahan yang tepat bisa segera dilakukan untuk menghindari penyakit tersebut.

"Dan mereka mungkin akan mendapatkan bantuan medis yang lebih efektif dan jauh lebih cepat dari yang kita punya hari ini."




<iframe class="embedv" width="620" height="415" src="http://ift.tt/2j2vAfQ; frameborder="0" scrolling="no" allowfullscreen></iframe>

Baca Berita Asal
Umur Bisa Diukur Melalui Tes Darah?
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Umur Bisa Diukur Melalui Tes Darah?"

Post a Comment

Powered by Blogger.