Search This Blog

Sarapan Sereal Bisa Menyebabkan Obesitas pada Anak?

Metrotvnews.com, Jakarta: Sereal merupakan salah satu pilihan sarapan yang ideal bagi anak-anak yang tinggal di kota-kota besar. Hanya menuangkan sereal ke mangkuk dan tuangkan segelas susu, sereal siap disantap.

Orangtua yang tinggal di kota-kota besar lebih senang membeli sereal lantaran tidak sempat untuk membuat sarapan pagi lantaran jadwal kegiatan yang padat. Meskipun praktis, memberikan sereal kepada anak setiap hari sebenarnya tidak baik.


(Cara lain menyajikan sereal. Dok. Stoneycloverlane)

Public Health England (PHE) menyebutkan sereal mengadung gula yang sangat tinggi. Jika disuguhkan terus menerus kepada anak, bisa menimbulkan obesitas ketika memasuki jenjang Sekolah Dasar (SD) dan berat badan akan terus bertambah seiring bertambahnya usia.

(Baca juga: Makan Es Krim saat Sarapan Membuat Anda Lebih Pintar?)

"Anak-anak terlalu banyak mengonsumsi gula. Ini sangat penting bagi anak-anak untuk memiliki sarapan yang sehat, tetapi kami juga mengetahui terdapat kesibukan yang luar biasa di dalam rumah tangga. Oleh sebab itu kami membuat aplikasi Be Food Smart App untuk membantu orangtua memilih makanan yang tepat bagi anak," ujar Kepala Ahli Gizi PHE Alison Tedstone seperti dilansir dari The Guardian.com.

Studi PHE berdasarkan survei perwakilan dari 1.000 orang menemukan bahwa anak-anak dibawah 10 tahun mengonsumsi gula lebih dari tiga kali. Melihat fakta demikian, PHE meluncurkan kampanye untuk meningkatkan kesadaran masyarakat masalah kesehatan terkait dengan asupan gula.

Sementara itu, direktur Sains di British, Sara Stanner mengatakan ketika menganalisis sejumlah sarapan dari keluarga di Inggris pihaknya prihatin melihat tingginya jumlah gula gratis dan jumlah rendah serat. 

"Kita tahu sarapan yang sehat dapat memberikan kontribusi penting untuk anak-anak. Vitamin dan asupan mineral serta konsumsinya telah dikaitkan dengan banyak hasil kesehatan positif. Ada banyak pilihan sehat yang tersedia sehingga kita perlu kampanye seperti Change4Life untuk membantu orangtua sibuk membuat pilihan yang tepat bagi keluarga mereka," kata Sara.






Baca Berita Asal
Sarapan Sereal Bisa Menyebabkan Obesitas pada Anak?
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Sarapan Sereal Bisa Menyebabkan Obesitas pada Anak?"

Post a Comment

Powered by Blogger.