Search This Blog

Cara Ini Bisa Memudahkan Anda Mengingat Nama Seseorang

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebuah pepatah yang mengatakan, "Apalah arti sebuah nama?" rupanya tidak bisa dianggap remeh. Sebab mengingat nama seseorang adalah cara sederhana untuk membuat mereka merasa diakui.

Seorang Soft Skill Trainer Rael Padamsee mengatakan, bahwa ketika ada seseorang yang telah lama kenalan dan sedang dalam keadaan bersama, kemudian salah satu dari mereka lupa nama rekannya, akan mengganggu kenyamanan percakapan. 

Jika sudah demikian, Anda disarankan untuk minta maaf. Sudah pernahkah Anda mengalami hal yang demikian? Bagaimana perasaan Anda? Atau jika ada orang yang berkenalan dengan Anda, lalu dia lupa nama Anda, apa yang Anda rasakan?

Menurut Psychology Today, daya ingat untuk menghafal nama akan semakin luntur sekitar 85 persen pada orang setengah baya dan akan lebih memburuk seiring berjalannya usia.  

Nah, agar Anda mudah menghafal nama orang, ada caranya, seperti dikutip dari Timesofindia.com:



1. Bertemu dan ulangi
Usai berkenalan, jangan hanya mengangguk dan melanjutkan percakapan saja. Namun ada baiknya, saat Anda akan berpisah dengan teman baru ini, beri salam sampai bertemu lagi ditambah menyebut namanya, lalu amati betul wajahnya. Hal ini akan membantu Anda menyalurkan ingatan dalam diri.



2. Meminta kartu nama
Agar semakin ingat nama seseorang, mintalah kartu namanya. Anda bisa mengintip nama dia dari kartu nama sambil bercakap-cakap. Ini akan memberikan satu sinergi antara kartu nama, ingatan dan wajah mereka.



3. Mengeja namanya
Ahli memori mengatakan bahwa bila ingin mengingat nama seseorang, mintalah mereka untuk mengeja namanya. Ini akan menciptakan ingatan visual. 

(Baca juga: Sering Berhubungan Seksual Tingkatkan Ingatan pada Wanita)



4. Asosiasikan
Setelah berkanalan dengan seseorang untuk pertama kalinya, catat namanya dalam kontak dengan beberapa informasi yang akan membuat Anda mengingatnya. Misalnya saja hobi, anak, di mana dia bersekolah, pakaian yang ia kenakan. 



5. Membuat permainan
Para ahli mengusulkan agar Anda yang susah mengingat nama seseorang, bisa memanfaatkan beberapa games. Misalnya permainan tebak nama atau tebak gambar, ini akan sangat menyenangkan.



6. Buatlah koneksi

Koneksikan nama yang baru Anda kenal dengan orang lain yang memiliki kesamaan nama. Misalnya saja dengan nama aktor, aktris, tokoh penting, alam dan lainnya.



7. Fokus
Salah satu alasan Anda lupa nama seseorang adalah tidak terlalu fokus pada saat pertama berjumpa. Hal ini disebabkan adanya banyak hal yang memakan perhatian kita. Bila saja Anda fokus berkenalan, maka akan lebih bisa mengingat nama orang.




<iframe class="embedv" width="620" height="415" src="http://ift.tt/2hZMdtq; frameborder="0" scrolling="no" allowfullscreen></iframe>

Baca Berita Asal
Cara Ini Bisa Memudahkan Anda Mengingat Nama Seseorang
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Cara Ini Bisa Memudahkan Anda Mengingat Nama Seseorang"

Post a Comment

Powered by Blogger.