Search This Blog

Mengapa Orang Gemuk Malas Olahraga?

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebuah studi mengungkapkan bahwa salah satu alasan mengapa orang obesitas malas berolahraga adalah perubahan reseptor dopamin di dalam tubuh. 

Penelitian tersebut menentang keyakinan umum dimana hewan obesitas jarang melakukan aktivitas fisik karena keberatan mengangkat berat badannya yang berlebih. 

"Kita tahu bahwa aktivitas fisik berhubungan dengan kesehatan tubuh secara keseluruhan, namun tak banyak yang tahu mengapa manusia atau hewan obesitas jarang aktif," ujar Alexxai V. Kravitz dari  National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases (NIDDK), Amerika. 

(Baca juga: Mengapa Obesitas Bisa Sebabkan Kelainan Jantung?)

Dalam studi tersebut hewan percobaan tikus diberi makan makanan berlemak atau standar selama 18 minggu. Pada awal minggu kedua, tikus yang tidak mengonsumsi makanan sehat mengalami peningkatan berat badan. Pada minggu keempat, kelompok tikus tersebut lebih jarang bergerak dan mengalami perlambatan saat bergerak. 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tikus dengan pola makan tinggi lemak melambat dalam beraktivitas, namun ternyata mereka memang demikian sebelum menggemuk. Ini berarti kenaikan berat badan bukanlah penyebab utama dari pengurangan pergerakan. 

Menurut para peneliti, penyebab para tikus menjadi tak aktif adalah adanya disfungsi pada sistem dopamin dimana terdapat penurunanan reseptor dopamin D2. 

"Kemungkinan ada juga foktor penyebab lain, namun defisit D2 cukup menjelaskan mengapa aktivitas fisik berkurang," ujar Danielle Friend, mahasiswa doktoral di NIDDK. 




<iframe class="embedv" width="620" height="415" src="http://ift.tt/2iIhwty; frameborder="0" scrolling="no" allowfullscreen></iframe>

Baca Berita Asal
Mengapa Orang Gemuk Malas Olahraga?
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Mengapa Orang Gemuk Malas Olahraga?"

Post a Comment

Powered by Blogger.