Search This Blog

Manfaat Menemani Anak Menonton Televisi

Metrotvnews.com, Jakarta: Studi yang dilakukan Texas Tech University menemukan, anak-anak yang menonton televisi bersama keluarga mendapat pengalaman yang lebih banyak.

Eric Rasmussen dan Justin Keene dari College of Media & Communication di universitas tersebut mendokumentasikan perubahan psikologis pada anak, ketika mereka menonton televisi bersama orang  tua di sebuah laboratorium.

Pengukuran detak jantung dan konduktasi kulit menunjukkan bahwa lebih banyak pelajaran yang diambil, dibandingkan saat tidak melakukan kegiatan tersebut dengan orang tua.

"Ini pertama kalinya saya tahu ada orang yang ingin mengetahui alasan mengapa anak merasa lebih baik ketika orang tua berada dalam ruangan yang sama," Rasmussen berkomentar.

Ia menambahkan, orang tua yang ikut menonton program televisi yang sama akan mengetahui apa yang anak mereka pelajari, seperti kekerasan, seksualitas, bahasa, dan hal-hal lain. Hal tersebut akan membuat orang tua lebih waspada dengan pengaruh yang mereka berikan

"Orang tua memiliki pengaruh bagi anak tentang apa yang mereka pikir bisa lakukan atau tidak. Kehadiran orang tua membuat perbedaan," terangnya.

Dengan demikian, anak akan tertarik menonton apa tang orang tua tonton. Menurut Rasmussen, orang tua yang terlibat dalam kehidupan anak akan sangat berarti bagi anak sendiri, terlepas apakah anak menyadarinya atau tidak.

Selain itu, penelitian tersebut juga mendukung bahwa akan mendapatkan lebih banyak manfaat dari kegiatan ini melalui tanya jawab dan diskusi yang dilakukan bersama orang tua. Dengan kata lain, keterikatan antara orang tua dan anak semakin erat dan keduanya mendapatkan keuntungan dari kegiatan bersama tersebut.

 
Baca Berita Asal
Manfaat Menemani Anak Menonton Televisi
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Manfaat Menemani Anak Menonton Televisi"

Post a Comment

Powered by Blogger.