Search This Blog

Alergi atau Flu, Begini Cara Membedakannya

Metrotvnews.com, Jakarta: Penyakit flu dan alergi lebih mudah menjangkiti tubuh saat musim pancaroba. Pasalnya, peralihan musim membuat kekebalan tubuh menjadi menurun.

Namun, kedua penyakit ini memiliki gejala yang mirip sehingga sulit dibedakan. Padahal, masing-masing penyakit memiliki penanganan yang berbeda.

Menurut Dokter Spesialis Penyakit Dalam Keri Peterson, fluktuasi suhu selama peralihan dari musim panas ke hujan atau sebaliknya, dapat menyebabkan tumpang tindih flu dan alergi. Ini dapat membingungkan pasien terutama ketika gejala pertama yang muncul.

Beberapa orang mungkin akan berpikir mereka mengalami flu atau sinus saat gejala awal muncul. Masalahnya, salah mengobati dapat berakibat fatal terutama jika Anda mengonsumsi antibiotik.

Banyak orang berpikir bahwa mereka tidak memiliki alergi karena tidak pernah terjadi sejak mereka kanak-kanak. Namun, ahli alergi Purvi Parikh mengatakan, sangat mungkin Anda memiliki alergi di saat dewasa.

"Berbagai faktor seperti peningkatan paparan atau perubahan lingkungan dapat menyebabkan munculnya alergi dari waktu ke waktu," katanya.

Jadi bagaimana cara mengetahui penyebab flu Anda? Ada gejala yang unik untuk flu dan alergi. Pertama, mata gatal adalah yang membedakan Anda mengalami flu atau alergi. Beberapa orang juga akan mengalami gatal di telinga atau tenggorokan.

Jika flu, Anda akan merasakan demam ringan, sakit tenggorokan, kelenjar bengkak dan nyeri tubuh. Gejala ini tidak dialami ketika Anda mengalami alergi.

Alergi juga biasanya datang tiba-tiba, sedangkan gejala flu cenderung muncul secara bertahap dan seiring waktu memperburuk infeksi. Flu juga biasanya terjadi selama tiga sampai 10 hari. Jika gejala itu berlangsung lebih lama, maka Anda kemungkinan menderita alergi yang dapat berlangsung selama beberapa bulan.

Lendir atau ingus juga dapat mengetahui apa yang Anda alami. Jika hidung meler dan lendir hidung tipis juga berair, itu bisa jadi pertanda flu atau alergi. Tetapi, jika lendir tebal dan berubah warna menjadi kuning atau hijau, bisa jadi Anda mengalami infeksi pernapasan.

Penting untuk mengetahui apakah Anda mengalami flu biasa atau alergi karena perawatannya sangat berbeda. Flu terjadi karena infeksi virus, sementara alergi adalah reaksi kekebalan tubuh atas sesuatu yang terjadi di lingkungan.

 
Baca Berita Asal
Alergi atau Flu, Begini Cara Membedakannya
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Alergi atau Flu, Begini Cara Membedakannya"

Post a Comment

Powered by Blogger.