Search This Blog

Kulit Tiba-tiba Sensitif? Mungkin Ini Penyebabnya

Metrotvnews,com, Jakarta: Apakah kulit Anda tiba-tiba kemerahan dan mengalami peradangan padahal tidak melakukan perubahan dalam perawatan kulit?

Jika iya, kemungkinan beberapa hal berikut penyebabnya. 

1. Menggosok terlalu keras
Mengelupas kulit memang bisa membuat kulit semakin berkilau. Namun jika berlebihan, justru berbahaya. 

"Mengelupas kulit bisa membantu menghilangkan sel mati dari permukaan kulit untuk memberi warna yang lebih cerah, namun jika berlebihan bisa merusak lapisan kulit dan kulit menjadi pecah-pecah," ujar Joshua Zeichner, dokter kulit berbasis di New York, Amerika. 

Jika demikian, kulit bisa meradang dan sensitif. Oleh karena itu, kelupaslah kulit dengan lembut. Jika perlu, gunakan pelembap saat melakukannya. 

2. Terlalu banyak menggunakan retinol
Retinol memang memiliki banyak manfaat seperti melawan kerutan, garis halus dan noda hitam. Namun, hindari menggunakan secara terus-menerus. Selain itu, penggunaan dua hingga empat minggu pertama setelah melakukan perawatan juga dapat menyebabkan kulit terbakar, kepanasan dan sensitif. 

"Mulailah istirahatkan satu malam setelah perawatan untuk toleransi kulit," saran Zeichner.

(Baca juga: Keseringan Selfie Memicu Keriput pada Kulit)

3. Terlalu banyak menggunakan produk kecantikan 
Perawatan kulit bisa membuat keadaan kulit semakin buruk. "Menggunakan lebih dari satu produk anti penuaan berpotensi menyebabkan iritasi dan kulit sensitif karena kebanyakan mengandung salisilat dan asam glikolat," terang Zeichner.

4. Tak memakai pelembap setelah mandi
Pelembap dapat membantu mencegah kulit kering dan kulit iritasi. Menurut Zeichner, saat terbaik untuk mengaplikasikannya adalah langsung setelah mandi. 

"Air panas dapat mengelupas minyak kulit sehingga membuatnya menjadi sesitif. Ganti hidrasi dan perbaiki lapisan kulit dengan cara memakai pelembap yang mengandung seramida setelah mandi," saran Zeichner.

5. Salah pembersih
Beberapa jenis sabun dan pelembap mengandung pH alkalin yang kasar untuk kulit sehingga mengupas minyak alami dan membuat kulit kering. Oleh karena itu, perhatikan komposisi apa saja yang terdapat pada produk yang Anda pakai. Carilah produk yang mengandung polimer yang dimodifikasi secara hidrofobik untuk mencegah terjadinya iritasi. 

6. Kondisi kulit tidak terawat
Bila Anda terus mengalami kemerahan padahal sudah mencoba berbagai cara, segeralah temui dokter kulit karena bisa jadi Anda memang memiliki kondisi kulit yang tak biasa, seperti Rosacea. 

"Rosacea adalah kondisi dimana kulit kemerahan, seperti terbakar, berbenjolan, dan muncul jerawat nanah," jelas Zeichner.

Umumnya, Rosacea sangat sensitif pada lingkungan dan memberi rekasi berlebih pada makanan pedas dan perubahan temperatur. 





<iframe class="embedv" width="620" height="415" src="http://ift.tt/2j6GwMl; frameborder="0" scrolling="no" allowfullscreen></iframe>

Baca Berita Asal
Kulit Tiba-tiba Sensitif? Mungkin Ini Penyebabnya
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kulit Tiba-tiba Sensitif? Mungkin Ini Penyebabnya"

Post a Comment

Powered by Blogger.