Search This Blog

Kulit Mendadak Jadi Sensitif? Ini Penyebabnya

Metrotvnews.com, Jakarta: Bagi seorang wanita, kecantikan kulit adalah salah satu hal penting dalam kehidupannya. Membersihkan wajah dengan rajin mencuci, melakukan scrub dan melembapkan wajah setiap hari pasti dilakukan untuk mendapat kulit yang lembut. Namun, bagaimana jika wajah Anda mendadak berubah merah dan meradang?

Dokter Kulit Joshua Zeichner merekomendasikan Anda untuk menghentikan sementara produk yang dipakai sehari-hari untuk menenangkan peradangan pada kulit. Tetapi, jika tak juga membaik, segera kunjungi dokter kulit.

Selain hal itu, ada beberapa alasan yang mungkin membuat kulit Anda tiba-tiba sensitif sehingga menyebabkan kulit menjadi merah.



1. Terlalu berlebihan melakukan scrub

Melakukan exfoliating atau pengangkatan sel kulit mati memang bisa membuat kulit bercahaya dan lembut. Menghilangkan sel-sel kulit mati dari permukaan kulit dapat membuat kulit lebih cerah. Namun, terlalu berlebihan melakukannya dapat menyebabkan retakan di lapisan kulit luar.

Inilah yang dapat menyebabkan peradangan dan sensitivitas pada kulit. Pastikan melakukan scrub dengan lembut dan gerakan yang melingkar daripada menggosok. Setelah itu, gunakan pelembap untuk membantu menenangkan kulit setelah scrub.

2. Terlalu banyak retinol

Retinol biasanya digunakan untuk menghilangkan keriput, garis dan bintik-bintik gelap. Tetapi, jika digunakan terus menerus misalnya selama dua hingga empat minggu berturut-turut dapat dikaitkan dengan kulit yang terbakar, menyengat dan sensitif.

(Baca juga: Manfaat Oatmeal untuk Kesehatan Kulit)

3. Terlalu banyak menggunakan produk kecantikan

Menggunakan lebih dari satu produk anti penuaan dapat membuat kulit Anda sensitif. Ini karena kulit terlalu banyak menerima asam glikolat dan salisilat yang ada dalam produk anti aging. 

Gunakan salah satu produk dan jangan menggunakannya sekaligus. Jika ingin mengganti produk, coba sedikit pada kulit untuk melihat reaksinya apakah dapat mengiritasi atau tidak.



4. Tidak menggunakan pelembap setelah mandi

Losion dan pelembap dapat membantu mencegah kulit kering, iritasi dan waktu terbaik untuk menerapkannya adalah tepat setelah andi. Air panas dapat mengangkat minyak esensial pada kulit. Gunakan pelembap yang mengandung banyak air untuk membantu mengembalikan minyak alami kulit.

5. Salah menggunakan pembersih

Beberapa sabun dan pembersih mengandung pH yang dapat membuat keras kulit, menghilangkan minyak alami kulit sehingga membuat kulit jadi kering atau iritasi. Hindari produk pembersih yang mengandung pewangi atau pengawet karena ini dapat memicu kulit jadi kering.

6. Memiliki kondisi kulit yang tidak diobati

Apabila Ada sering menemukan kulit memerah dan sensitif, sebaiknya kunjungi dokter kulit untuk melakukan pengecekan kondisi kulit Anda. Bisa jadi penyakit kulit seperti rosacea adalah penyebabnya. 

Rosacea merupakan suatu kondisi kulit yang ditandai dengan kemerahan pada wajah, rasa seperti terbakar dan menyengat juga munculnya benjolan serta jerawat nanah.

Secara genetik, kulit lebih sensitif terhadap lingkungan dan bereaksi berlebihan terhadap makanan pedas serta perubahan suhu.



<iframe class="embedv" width="620" height="415" src="http://ift.tt/2j0eTUA; frameborder="0" scrolling="no" allowfullscreen></iframe>
Baca Berita Asal
Kulit Mendadak Jadi Sensitif? Ini Penyebabnya
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kulit Mendadak Jadi Sensitif? Ini Penyebabnya"

Post a Comment

Powered by Blogger.