Search This Blog

Kesalahan yang Membuat Rambut Tidak Tumbuh

Metrotvnews.com, Jakarta: Rambut yang sehat berkilau, kuat dan tebal menjadi idaman para kaum hawa. Tapi apa jadinya jika Anda mengalami sebaliknya, justru mengalami kerontokan padahal sudah merawatnya dengan baik.

Mengapa bisa demikian? Ternyata ada sejumlah faktor yang bisa mempengaruhi kualitas rambut seseorang. Simak catatan beberapa kesalahan yang membuat rambut Anda tidak tumbuh (rontok), seperti dilansir dari Boldsky.com:



1. Stres


Bila Anda dilanda stres, akan memicu kerontokan rambut. Hal ini disebabkan karena semua folikel rambut tidak akan bekerja pada saat yang sama, sehingga menyebabkan rambut rontok.

2. Perawatan dengan bahan kimia

Menggunakan bahan kimia pada rambut tidak hanya berimbas pada tubuh dan kulit saja, namun juga berpengaruh terhadap pertumbuhan rambut. 

Memutuskan untuk bleaching, mencatok (rebonding), mengkeriting atau style rambut lainnya dapat mengurangi kualitas helai rambut yang membuat mereka mati. Selain merusak rambut, penggunaan bahan kimia juga berpotensi menghancurkan folikel, sehingga memperlambat pertumbuhan rambut.

(Baca juga: Fakta dan Mitos Seputar Rambut di Usia Tua)



3. Kekurangan nutrisi


Ini adalah salah satu faktor terpenting. Menjalani diet tidak seimbang dapat mengacaukan folikel rambut, yang berpengaruh pada pertumbuhannya. Tubuh kita membutuhkan cukup vitamin, protein dan elemen lainnya guna menunjang pertumbuhan rambut. 

4. Kondisi medis

Jika seseorang menderita kondisi medis atau penyakit tertentu, bisa mempengaruhi kulit kepalanya juga. Seseorang dengan penyakit jantung, diabetes, kolesterol tinggi dan tekanan darah tinggi bisa mengalami penipisan rambut. Pastikan untuk selalu menjaga kesehatan dan segera mengobatinya.



5. Kurang tidur

Seseorang dianjurkan untuk tidur selama 7-8 jam sehari dan pada saat itu tubuh dan otak akan beristirahat serta meregenerasi sel-selnya. Nah jika Anda kurang tidur, tubuh tidak akan mampu meregenerasi dan memperbaiki jaringan kulit dan rambut. Inilah yang menyebabkan rambut rontok dan kulit kering.

6. Perubahan hormonal

Ketidakseimbangan hormon umumnya dapat mempengaruhi pertumbuhan rambut. Meskipun ini bukanlah kesalahan, namun perubahan hormonal biasanya terjadi pada kehamilan, menopause, tiroid dan mengonsumsi pil kontrasepsi. 

Pada masa tersebut, seorang perempuan biasanya akan mengalami kerontokan rambut. Jika perempuan mengonsumsi obat atau steroid dapat menderita kerontokan sementara bahkan permanen.





Baca Berita Asal
Kesalahan yang Membuat Rambut Tidak Tumbuh
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kesalahan yang Membuat Rambut Tidak Tumbuh"

Post a Comment

Powered by Blogger.