Search This Blog

Kacang Polong Efektif Tekan Nafsu Makan

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebuah penelitian menyebutkan, jenis kacang-kacangan seperti kacang polong lebih mengenyangkan dibandingkan daging.

Studi yang dilakukan University of Copenhagen in Denmark ini menyertakan 43 peserta berjenis kelamin laki-laki. Mereka diminta mengonsumsi tiga jenis makanan kaya protein, yakni roti yang terbuat dari kacang dan kacang polong, daging sapi, dan babi.

Hasilnya, roti kacang tak hanya membuat perut terasa lebih kenyang, tetapi juga mengurangi sekitar 12 persen asupan kalori pada jam makan selanjutnya. Ini artinya, roti yang terbuat dari kacang-kacangan, terutama kacang polong bisa mengontrol berat badan.

"Sumber protein dari kacang-kacangan secara signifikan lebih banyak mengandung serat, daripada daging babi atau sapi muda. Hal tersebut memberi kontribusi untuk meningkatkan perasaan kenyang," kata peneliti utama Anne Raben.

Raben mengungkapkan, hasil penelitian ini sedikit bertentangan dengan kepercayaan orang. Dimana mengkonsumsi protein yang cukup banyak adalah cara jitu jika ingin lebih kenyang.

"Sekarang, kita mengetahui bahwa mengonsumsi banyak serat, dan mengombinasikannya dengan sedikit protein dapat menciptakan sensasi kenyang yang sama," imbuh Raben yang juga merupakan profesor di Department of Nutrition, Exercise and Sports.

Raben menyatakan, dibutuhkan penelitian yang lebih mendalam untuk melihat efektivitas kombinasi kacang-kacangan dengan sayuran dalam menurunkan berat badan.

Studi ini telah dipublikasikan dalam Jurnal Food & Nutrition.
Baca Berita Asal
Kacang Polong Efektif Tekan Nafsu Makan
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kacang Polong Efektif Tekan Nafsu Makan"

Post a Comment

Powered by Blogger.