Search This Blog

Jangan Pernah Katakan Hal Ini pada Ibu Hamil

Metrotvnews.com, Jakarta: Bila salah satu dari teman atau kerabat Anda sedang hamil, ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk mendukung kehamilannya. 

Namun ada pula tindakan yang dilarang, seperti halnya jangan pernah mengatakan beberapa hal yang bisa menyinggungnya.

Ketahuilah, ketika seorang perempuan mengandung, itu adalah waktu yang sangat sensitif untuk dia. Hal ini disebabkan karena akan banyak sekali perubahan pada dirinya, baik pikiran maupun tubuh.

Bayangkan saja, dia harus membekali dirinya untuk mengakomodasi bayi dalam kandungannya selama 9 bulan. Sehingga tak heran tubuhnya akan melebar, seperti perut, paha, bokong, pun demikian dengan kenaikan berat badan.


(Sebaiknya Anda jangan pernah mengatakan beberapa hal yang bisa menyinggungnya. Dok. Babycenter)

Selain itu, ada sejumlah perubahan hormonal yang terjadi dalam tubuh mereka selama kehamilan. Ini berimbas pada perubahan suasana hati, misalnya cepat marah, mudah cemas dan lain sebagainya. 

Jadi, ketika Anda berada di sekitar perempuan hamil, penting untuk memahami bahwa dia rentan stres dan Anda harus mencoba peka terhadap perasaannya. Berikut adalah beberapa hal yang tidak diperkenankan untuk dikatakan pada ibu hamil, agar tak tersinggung, seperti dilansir dari Boldsky.com:

1. "Nikmati ketika Anda memiliki waktu"
Pernyataan ini jelas dapat menyebabkan kecemasan pada perempuan hamil. Sebab dia mungkin sudah mengalami rasa takut mengemban tanggung jawab setelah bayinya lahir.

(Baca juga: Penelitian: Mual dan Muntah pada Awal Kehamilan Pertanda Baik)

2. "Anda terlihat seperti mau meledak"
Ini menjadi kalimat yang sangat sensitif bagi perempuan hamil. Dia mungkin merasa sadar diri akan berat badan dan kondisi fisiknya yang berubah selama kehamilan.

3. "Apakah Anda mengikuti program kesuburan?"
Jangan mengingatkan kembali tentang perjalanan bagaimana ia memperoleh kehamilan, jika ternyata ia melakukan banyak sekali perjuangan untuk mendapatkannya. 

4. "Bolehkah saya menyentuh perut Anda?"
Bila Anda tak terlalu dekat dengannya, jangan katakan ini. Sebab perkataan tersebut akan terdengar aneh bagi ibu hamil. Kecuali Anda adalah kerabat atau teman dekatnya.

5. "Melahirkan rasanya seperti semuanya direnggut dari dalam diri Anda"
Banyak di antara ibu yang berpengalaman, mengatakan hal seperti ini pada seseorang yang akan menjadi ibu. Perkataan ini justru akan membuat dia merasa lebih takut dan cemas.

6. "Anda tidak boleh makan ini dan itu"
Ibu hamil akrab mendapatkan banyak saran mengenai gaya hidup dari semua orang di sekitarnya. Mungkin dia akan merasa kesal bila mendengarnya lebih banyak.

7. "Semoga anaknya laki-laki"
Anda tidak seharusnya berkata demikian. Ini akan menyinggung ibu hamil. Apalagi bila sebenarnya ia mengingikan anak laki-laki, namun setelah di USG, justru sebaliknya. 




<iframe class="embedv" width="620" height="415" src="http://ift.tt/2jkP7HQ; frameborder="0" scrolling="no" allowfullscreen></iframe>
Baca Berita Asal
Jangan Pernah Katakan Hal Ini pada Ibu Hamil
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Jangan Pernah Katakan Hal Ini pada Ibu Hamil"

Post a Comment

Powered by Blogger.