Search This Blog

Asam Folat Mampu Mencegah Cacat Lahir

Metrotvnews.com, Jakarta: Bagi wanita yang tengah merencanakan kehamilan, disarankan untuk mengonsumsi asupan makanan dan suplemen asam folat. Sebab, mengonsumsi asam folat dapat mencegah cacat lahir.

Saran tersebut direkomendasikan oleh US Preventive Services Task Force, sebuah panel independen ahli medis Amerika. Rekomendasi tersebut dikeluarkan oleh kelompok ini setelah melihat 24 studi tentang manfaat dan bahaya dari suplementasi asam folat dan menyimpulkan bahwa kandungan ini aman dan efektif menghindari cacat lahir. 

Seperti diketahui, asam folat terbukti mencegah perkembangan tak wajar pada otak dan tulang belakang atau cacat tabung saraf. Biasanya, cacat ini terjadi dalam beberapa minggu pertama kehamilan,

Oleh karena itu, dokter menyarankan ibu hamil untuk mengonsumsi asupan makanan atau suplemen asam folat harian sebanyak 400-800 mikrogram. Saat yang paling tepat ibu hamil mengonsumsi asam folat yaitu sebulan sebelum hamil dan selama trimester pertama kehamilan.

(Baca juga: Jangan Pernah Katakan Hal Ini pada Ibu Hamil)



Anggota AS Preventive Services Task Force yang juga seorang profesor pediatri di Duke University Medical School, Dr. Alex Kemper mengatakan bahwa suplemen folat aman dikonsumsi dalam waktu yang lebih panjang jika diinginkan. 

"Kebanyakan (cacat) tampaknya terjadi di awal kehamilan, sebelum seorang wanita bahkan tahu dia hamil. Mengingat bahwa hanya setengah dari kehamilan direncanakan, masuk akal bagi setiap wanita yang mungkin hamil harus mengonsumsi suplemen," kata Kemper.

Perempuan bisa mendapatkan kandungan asam folat alami dari makanan diet, jika mengonsumsi makanan yang memiliki gizi yang tinggi seperti sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan dan jeruk. 

Namun, sekitar 75 persen wanita tidak mampu memenuhi jumlah kadar harian asam folat seperti yang direkomendasikan.

"Rekomendasi itu adalah untuk memastikan perempuan mendapatkan cukup asam folat untuk mencegah cacat, dan salah satu yang benar-benar yakin cara adalah dengan mengonsumsi suplemen," kata Kemper.

Kemper mengatakan wanita yang ingin meminum suplemen folat setiap hari bisa mendapatkannya melalui pil folat khusus atau dalam multi-vitamin. Asalkan memenuhi kebutuhan asam folat yang direkomendasikan, yaitu 400-800 mikrogram.





<iframe class="embedv" width="620" height="415" src="http://ift.tt/2g4xoCm; frameborder="0" scrolling="no" allowfullscreen></iframe>
Baca Berita Asal
Asam Folat Mampu Mencegah Cacat Lahir
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Asam Folat Mampu Mencegah Cacat Lahir"

Post a Comment

Powered by Blogger.