Search This Blog

4 Minyak Esensial untuk Menghilangkan Ketombe

Metrotvnews.com, Jakarta: Ketombe tak hanya membuat tampilan kulit kepala terlihat tak terawat, tetapi juga menimbulkan rasa gatal yang tak nyaman.

Selain menggunakan sampo khusus ketombe, Anda bisa mengombinasikan perawatan rambut dengan bahan-bahan alami yang ada di sekitar kita.

Berikut, bahan-bahan yang bisa digunakan eperti dilansir Times of India.

1. Minyak Lemon

Minyak lemon sangat baik untuk kulit kepala yang berminyak. Selain sebagai antiseptik dan antimikroba untuk mengusir ketombe, minyak lemon menguarkan aroma yang segar untuk rambut. Jangan lupa bilas rambut usai memakai minyak lemon sebelum Anda keluar rumah. Sebab, paparan sinar matahari terhadap lemon bisa menimbulkan reaksi kemerahan pada rambut.

2. Minyak Pohon Teh

Minyak pohon teh bersifat anti jamur dan anti bakteri alami, dengan demikian bisa membasmi pembentukan bakteri dan ragi di kulit kepala. Untuk melawan ketombe dengan minyak ini, caranya dengan mengoleskannya pada kepala dan diamkan semalaman. Jika memilih minyak pohon teh untuk mengusir ketombe, kombinasikan dengan minyak esensial lainnya, seperti jojoba atau zaitun. Ini mampu menghindari rasa gatal dan iritasi pada kulit kepala yang sensitif.

3. Minyak Basil

Minyak basil adalah obat terbaik untuk membasmi kotoran kepala yang nampak seperti serpihan berwarna putih ini. Manfaat lain yang didapat dari minyak basil adalah meningkatkan sirkulasi darah sehingga bisa merangsang pertumbuhan rambut. Gunakan minyak basil pada rambut dan diamkan selama satu jam. Untuk hasil yang optimal tambahkan dengan mintak lavender atau rosemary.

4. Minyak Clary Sage

Minyak clary sage cocok digunakan untuk semua jenis rambut, baik berminyak, kering dan yang susah diatur. Tak hanya itu saja, minyak ini juga berfungsi untuk mengatur produksi minyak, mengontrol ketombe dengan membatasi sebum di kulit kepala. Aroma herbalnya juga sangat khas, dan membantu merangsang pertumbuhan rambut serta mencegah kebotakan.

Bagi ibu hamil dan anak-anak disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan minyak ini. Cara yang paling efektif menggunakannya adalah dengan mencampurkan tiga sendok makan minyak clary sage dengan minyak mandarin, serta lima tetes minyak lemon.
Baca Berita Asal
4 Minyak Esensial untuk Menghilangkan Ketombe
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "4 Minyak Esensial untuk Menghilangkan Ketombe"

Post a Comment

Powered by Blogger.