Search This Blog

Pesona Bawah Laut Karimunjawa

Metrotvnews.com, Jepara: Kepulauan Karimunjawa merupakan salah satu destinasi wisata andalan Jawa Tengah.

Setiap musim libur tiba, ribuan wisatawan berbondong-bondong menuju wilayah terluar Kabupaten Jepara itu. Keindahan alam bawah laut Karimunjawa menjadi magnet bagi para wisatawan.

Belum lengkap rasanya jika berkunjung ke kepulauan Karimunjawa tidak melakukan aktivitas penyelaman di laut dangkal (snorkeling). Banyak titik snorkeling di Karimunjawa yang bisa dimanfaatkan wisatawan untuk menikmati keindahan bawah laut Karimunjawa. Misalnya, aneka terumbu karang dan ikan hias warna-warni.

Tak hanya itu, wisatawan pun dapat mengabadikan momen indah di bawah laut dengan foto atau video. Hampir semua biro perjalanan wisata Karimunjawa memberikan fasilitas dokumentasi bawah laut gratis. Wisatawan dapat berpose sepuasnya di bawah laut bersama aneka jenis ikan dan karang.

Pengelola biro perjalanan wisata Karimunjawa, Teguh Kurniawan, menyampaikan, beberapa titik snorkeling yang bagus di laut Karimunjawa sisi timur yakni Gosongan Pulau Tengah. Sementara, di sisi barat ialah Maer Pulau Menjangan.

"Spot snorkeling di Pulau Gleyang dan Pulau Kecil juga bagus. Ikan hiasnya masih banyak," ujar pria yang biasa disapa Wawan, saat ditemui di Karimunjawa, Jepara, Jawa Tengah, Minggu (1/5/2016).


Wisatawan snorkeling di laut Karimunjawa (Foto:http://ift.tt/1Tdwz8E Shani)

Meski menyelam di perairan laut dangkal dengan kedalaman dua hingga tiga meter, keselamatan tetap menjadi prioritas. Bagi yang tidak bisa berenang diwajibkan menggunakan life jacket. Sebelum memulai aktivitas snorkeling pun diwajibkan melakukan peregangan otot.

Selain melakukan persiapan sebelum memulai snorkeling, ada beberapa jenis hewan laut yang mesti dihindari saat melakukan penyelaman. Mereka adalah ikan stone, pari, anemon, dan karang api.

Untuk bisa menikmati keindahan panorama dasar laut Karimunjawa, wisatawan dapat menyewa kapal. Harga sewa kapal wisata dibandrol Rp400 ribu. Kapasitas penumpang maksimal 10 orang. Harga tersebut sudah termasuk tour guide dan dokumentasi di dalam air.

Sonita Putri, wisatawan dari Jakarta, mulanya mengaku tidak berani snorkeling. Sebab, dia tidak bisa berenang. Namun, setelah mendapat panduan dan mengenakan life jacket, Sonita takjub melihat keindahan alam bawah laut Karimunjawa dan ingin mencoba lagi.

"Pemandangannya keren. Tadi awalnya takut, tapi setelah nyebur, ternyata seru juga," kata Sonita.
Baca Berita Asal
Pesona Bawah Laut Karimunjawa
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pesona Bawah Laut Karimunjawa"

Post a Comment

Powered by Blogger.