Search This Blog

Penderita Arthritis Dianjurkan Berjalan Kaki 45 Menit dalam Seminggu

Metrotvnews.com, Jakarta: Arthritis atau peradangan kronis pada sendi menjadi penyakit yang cukup menghambat aktivitas. Namun, pasien kini bisa meningkatkan kualitas sendi mereka hanya dengan berjalan kaki.

Penelitian menemukan, berjalan kaki 45 menit per minggu bermanfaat bagi pasien arthritis, sehingga sendi mereka tetap berfungsi secara optimal.

Penemuan yang diterbitkan dalam Journal of Arthritis Care & Research tersebut mengindikasikan bahwa partisipan yang melakukan minimal 45 menit aktivitas sedang, seperti berjalan cepat dalam seminggu tenyata cenderung mengalami peningkatan dalam fungsi persendian sebesar 80 persen dibandingkan mereka yang jarang bergerak.


Para peneliti dari Northwestern University tersebut ingin memastikan aktivitas apakah yang dapat membuat sendi kembali bekerja secara normal, dan ternyata, berjalan kaki 45 menit dalam seminggu adalah jawabannya.

Studi yang dilakukan pada pria dan wanita tersebut menemukan bahwa sepertiga dari partisipan mengalami peningkatan fungsi cukup tinggi setelah dua tahun melakukan latihan.

"Sedikit aktivitas lebih baik daripada tidak sama sekali. Untuk lansia yang menderita arthritis yang tak aktif, berjalan minmal 45 menit bukan hal sulit," ujar peneliti Dorothy Dunlop.

Para peneliti mengukur aktivitas fisik dari 1.600 orang dewasa yang memiliki nyeri, gatal, atau kekakuan pada pinggul, lutut, dan kaki dengan menggunakan pengukur kecepatan dan gerakan yang canggih.

"Pedoman federal sangat penting karena semakin Anda melakukannya, semakin baik perasaan Anda," tambah Dunlop.


Meskipun tidak sesuai durasi yang disarankan, aktivitas ini tetap memberikan manfaat pada bagian yang terganggu tersebut. Mereka menyimpulkan, berjalan kaki dengan intesitas sedang lebih bermanfaat untuk fungsi ke depannya dibandingkan aktivitas ringan, seperti berbelanja.
Baca Berita Asal
Penderita Arthritis Dianjurkan Berjalan Kaki 45 Menit dalam Seminggu
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Penderita Arthritis Dianjurkan Berjalan Kaki 45 Menit dalam Seminggu"

Post a Comment

Powered by Blogger.