Search This Blog

Mengintip Gaya Hidup Orang Spanyol Berusia Diatas 100 Tahun

Metrotvnews.com, Jakarta: Spanyol adalah salah satu negara yang memiliki penduduk dengan usia 100 tahun lebih terbanyak di dunia. Posisi teratas kategori ini dipegang oleh Jepang.

Hal itu berdasarkan data dari Organization for Economic Cooperation and Development (OCED) merilis data sensus penduduk terbaru. Tercatat, jumlah lansia yang mampu hidup diatas 100 tahun lebih kurang 17.000 orang.

Menurut statistik OCED tahun 2013, rata-rata angka harapan hidup saat lahir di Spanyol 83.2. Angka ini berada dibawah Jepang yaitu 83.4.

Hal itulah yang membuat fotografer Reuters Andrea Comas mewawancarai dan memfoto seluruh warga negeri matador yang berusia 100 tahun lebih di Asturias dan Balearic Islands, Spanyol.

Comas mengatakan, sebagian besar pria dan wanita yang diwawancarainya menunjukan semangat hidup dan berminat dengan hiburan drama amatir dan  bermain piano. Banyak lansia terus melaksanakan tugas-tugas harian seperti bertani dan merawat anak cacat.

Salah satu lansia yang ditemui oleh Comas yaitu Pedro Rodriguez (106). Pedro mengaku bahwa dirinya setiap hari bermain piano. 

"Para biarawati mengajari saya bagaimana untuk bermain piano sebagai seorang anak," katanya setelah memberikan membawakan lagu waltz Spanyol.

(Baca juga: 7 Kebiasaan Baik Agar Panjang Umur)

Saat ini, Pedro tinggal bersama istrinya yang lebih muda 20 tahun. Selain itu, anak perempuan mereka sering berkunjung ke kediamannya. 

Hal itu membuktikan bahwa merajut kasih sayang antar anggota keluarga di Spanyol masih merupakan sesuatu hal yang penting. Menghabiskan hidup bersama keluarga tercinta mampu memberikan semangat hidup.

Hal serupa juga dilakukan lansia kedua yang ditemui oleh Comas, yaitu Francisco Nunez (112). Nunez saat ini tinggal bersama putrinya yang berusia 81 tahun di rumahnya di Badajoz, Spanyol. 

Putri Nunez, Maria Antonia Nunez (81) mengatakan, dia tidak ingin memasukan ayahnya ke panti jompo.  "Dia tidak harus meninggalkan rumahnya. Saya tunggal dan aku tinggal di sini dengan dia," kata Maria.

"Dari murni takut, aku tidak punya anak lagi," kata sigap wanita yang tinggal bersama keluarga putrinya di Asturias yang berternak dan berkebun sayur.

Selain itu, Comas mengutarakan tips umur panjang di Spanyol yaitu mengonsumsi satu sendok gazpacho, sup dingin tradisonal Spanyol yang terbuat dari tomat dan mentimun.











<iframe class="embedv" width="620" height="415" src="http://ift.tt/2iFYaU0; frameborder="0" scrolling="no" allowfullscreen></iframe>
Baca Berita Asal
Mengintip Gaya Hidup Orang Spanyol Berusia Diatas 100 Tahun
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Mengintip Gaya Hidup Orang Spanyol Berusia Diatas 100 Tahun"

Post a Comment

Powered by Blogger.