Search This Blog

Magnesium Mampu Jauhkan Penyakit Jantung dan Diabetes

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebuah penelitian menyebutkan, memperbanyak konsumsi makanan kaya akan magnesium dapat menjauhkan penyakit jantung dan diabetes. 

Pemimpin penulis studi dari Zhengzhou University, Dr Xuexian Fang mengatakan, nutrisi yang banyak terkandung dalam sayuran, ikan, kacang-kacangan dan biji-bijian ini juga mengatasi berbagai masalah kesehatan lainnya, seperti penyakit paru obstruktif kronik (PPOK), diabetes, alzheimer dan kardiovaskular.

(Baca juga: Teknologi Baru Menjaga Kesehatan Jantung)

Dalam penelitiannya, Fang dan rekannya menganalisis data diet magnesium dan penyakit kronis dari 40 studi yang diterbitkan mulai dari tahun 1999 hingga 2016 lebih dari satu juta orang di sembilan negara. 

Dari hasil analisis, terlihat orang yang mengonsumsi magnesium tingkat terendah dalam makanannya, kemungkinan terkena penyakit jantung sebesar 10 persen. Selain itu, kemungkinan terkena penyakit stroke sebesar 12 persen dan 26 persen untuk diabetes.

"Magnesium memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan manusia," kata Fang saat dikutip dari Fox News, Senin (2/1/2017).

Setidaknya, studi menganalisis 7,678 kasus penyakit kardiovaskular, 6,845 kasus penyakit jantung koroner, 701 kasus gagal jantung, 4,755 kasus stroke, 26,299 kasus diabetes tipe 2 dan 10,983 kematian.

Peneliti juga menemukan, tidak ditemukan peningkatan berarti penyakit jantung atau jantung koroner pada orang yang mengonsumsi 100 miligram magnesium per hari. 

Tetapi peneliti tidak menemukan kaitan antara jumlah magnesium ini dengan penururnan resiko gagal jantung sebesar 22 persen dan stroke hingga 7 persen.

Selain jantung, meningkatkan asupan magnesium juga dikaitkan dengan penyakit diabetes. Terlihat, penurunan mengidap diabetes hingga 19 persen dan 10 persen menurunkan kemungkinan kematian dari semua penyebab.

Tapi peneliti menekankan, hasil studi tidak membuktikan langsung kaitan megnesium dengan mencegah penyakit. Sebab, studi ini hanya berlandaskan pada hasil analisis data yang dilaporkan oleh peserta yang tidak akurat membeberkan kadar diet mganesium yang dikonsumsi.

Walau tidak ditemukan hubungan secara langsung, namun Fang menyebutkan setidaknya hasil analisis yang dilakukannya menunjukkan bahwa meningkatkan konsumsi magnesium memiliki  manfaat kesehatan. Lebih jauh, dia menduga kandungan megnesium berfungsi menurunkan kemungkinan berkembangnya berbagai penyakit kronis.

Selain itu, seorang peneliti di Case Western Reserve University di Cleveland, Dr. Andrea Romani menerangkan, ada banyak cara orang dapat meningkatkan asupan magnesium, seperti sayuran berdaun, bijian, kacang-kacangan, dan ikan air asin. 

Sementara, kandungan magnesium pada daging dan unggas tidak tetap karena hal itu tergantung pada apa yang dimakan oleh binatang tersebut. 

"Magnesium retensi dalam makanan ini tergantung pada bagaimana makanan itu diproses," kata Romani. "Semakin lama makanan itu direbus atau dimasak, semakin sedikit magnesium bertahan."





<iframe class="embedv" width="620" height="415" src="http://ift.tt/2infSeE; frameborder="0" scrolling="no" allowfullscreen></iframe>
Baca Berita Asal
Magnesium Mampu Jauhkan Penyakit Jantung dan Diabetes
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Magnesium Mampu Jauhkan Penyakit Jantung dan Diabetes"

Post a Comment

Powered by Blogger.