Search This Blog

5 Makanan 'Sehat' yang Justru dapat Merusak Kulit Anda

Metrotvnews.com, Jakarta: Makanan sehat memang dapat membuat tubuh bugar dan menjadikan kulit lebih bercahaya. Sebagian besar wanita yang enggan menggunakan produk mahal, memilih makanan yang sehat untuk membuat kulitnya lembut bersinar.

Sayangnya, ada beberapa makanan sehat yang disarankan banyak orang tetapi justru dapat memicu jerawat, psoriasis dan masalah kulit lainnya. 



1. Serba rendah lemak

Sebuah produk yang menghilangkan lemak, pasti akan ditambahkan gula untuk menambah citarasa produk makanan tersebut. Dengan kata lain, rendah lemak atau fat free hampir selalu diterjemahkan "tinggi gula". Studi menunjukkan, kerusakan akibat gula termasuk merusak serat kolagen, yang membuat mereka tidak mampu memperbaiki dan menciptakan produk akhir glikasi lanjut atau AGEs.

Untuk menghindarinya, ganti makanan rendah lemak dengan makanan sumber lemak sehat seperti alpukat, kacang-kacangan, biji-bijian atau ikan yang kaya omega-3.

(Baca juga: Mulai Sarapan Sehat dengan Makanan Ini)

2. Susu skim
Penelitian Nurse's Health Study menunjukkan, mereka yang minum lebih banyak meminum susu saat remaja memiliki jerawat yang lebih banyak. Susu skim lebih buruk dibanding susu penuh lemak atau full fat milk. Selain laktosa, peneliti menduga kehadiran hormon dan molekul bioaktif dalam susu mungkin telah menciptakan kondisi kulit yang rusak.

Anda bisa mengganti kebiasaan minum susu skim dengan air kelapa tanpa gula atau susu almond.

3. Minyak sayur
Ada beberapa lemak yang harus Anda hindari yaitu lemak trans dan asam lemak tak jenuh ganda omega-6 yang terdapat dalam minyak sayur seperti jagung dan kedelai. Selain dapat memicu penyakit jantung, minyak ini juga dapat mendatangkan malapetaka bagi kulit Anda. Studi menemukan, jerawat merupakan penyakit radang yang sering terjadi. 

Anda bisa mengganti minyak sayur dengan minyak zaitun dan minyak kelapa untuk memasak.

4. Roti gandum
Mereka yang mengonsumsi roti gandum dan memiliki intoleransi non-celiac gluten, dapat memiliki masalah kulit seperti psoriasis. Anda bisa mengganti roti gandum dengan makanan yang tidak mengandung gluten atau mengganti karbohidrat dengan sayuran.



5. Smoothies buah
Smoothie buah memiliki beberapa nutrisi. Namun, ketika mengonsumsi smoothies buah kemasan, ini dipenuhi dengan gula yang berasal dari buah itu sendiri. Kadar fruktosa yang tinggi dapat meningkatkkan glikasi, AGEs, peroksidasi dan kerusakan kulit lainnya. 

Anda bisa membuat jus sendiri dengan menggunakan sayuran berdaun dan diberi tambahan rasa dengan perasan air lemon atau raspberry beku. Smoothie dari sayuran berdaun hijau dapat meningkatkan kesehatan dan kekuatan kulit, rambut juga kuku.





<iframe class="embedv" width="620" height="415" src="http://ift.tt/2jGEqDc; frameborder="0" scrolling="no" allowfullscreen></iframe>
Baca Berita Asal
5 Makanan 'Sehat' yang Justru dapat Merusak Kulit Anda
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "5 Makanan 'Sehat' yang Justru dapat Merusak Kulit Anda"

Post a Comment

Powered by Blogger.