Search This Blog

3 Langkah Jitu Menangkal Kecemasan

Metrotvnews.com, Jakarta: Ada beberapa cara untuk menenangkan pikiran cemas maupun takut. Alice Boyes, PhD, penulis The Anxiety Toolkit mengungkapkan, ketakutan berlebihan menjadi faktor yang menjerumuskan seseorang pada kecemasan.

Berikut ini, langkah menenangkan kecemasan yang paling umum. 

1. Jangan takut gagal

Boyes mengatakan, salah satu penyebab kecemasan tertinggi adalah takut gagal. Anda mempertimbangkan banyak ide tanpa pernah mencoba salah satunya, atau terus terjebak dalam tahap penelitian suatu proyek.

"Orang dengan tipikal ini cenderung berfokus pada hasil terburuk, sehingga mereka terlalu khawatir tentang risiko untuk mengambil tindakan," ujar Boyes sebagaimana dilansir Foxnews.

Salah satu trik untuk mengatasi ketakutan ini dibagi menjadi beberapa kemungkinan. Saat menjadi terapis, Boyes mengidentifikasikannya menjadi hal terburuk, hal terbaik, dan yang paling realistis.

Ide tersebut dapat membantu Anda mengakui adanya peluang dan risiko secara bijak, sehingga Anda merasa lebih aman untuk bergerak.

Trik lain adalah dengan membuat rencana lain atau "plan B" sebagai alternatif bila hal terburuk terjadi. 

2. Jangan terus terpaku pada kegagalan masa lalu

Terus memikirkan kesalahan di masa lalu berkontribusi pada timbulnya kecemasan. Menurut Boyes, salah satu cara untuk melepaskannya adalah dengan keluar dari lingkaran rasa takut,  dan berkonsentrasi pada langkah selanjutnya.

3. Jangan takut dikritik

Orang dengan kecemasan tinggi umumnya tidak suka mendapat kritikan. Padahal, kritik merupakan bagian dari kehidupan yang membantu membangun karakter diri.
Baca Berita Asal
3 Langkah Jitu Menangkal Kecemasan
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "3 Langkah Jitu Menangkal Kecemasan"

Post a Comment

Powered by Blogger.