Search This Blog

Kurang Menjaga Kesehatan Gigi Tingkatkan Risiko Kepikunan

Metrotvnews.com, Jakarta: Menurut sebuah studi, menggosok gigi secara teratur dapat mengurangi seperempat persen risiko dimensia (kepikunan).

Para ilmuwan juga menemukan, orang-orang dengan jumlah gigi kurang dari 60 memiliki risiko penurunan kognitif sebanyak 26 persen terkena alzheimer, salah satu bentuk penyakit demensia, yang disertai sesak napas.

Alasannya, aktivitas mengunyah meningkatkan aliran darah yang mengalir ke otak, sehingga bagus untuk mempertajam daya ingat. Demikian dilansir Mirror, Senin (28/3/2016).

Sebelumnya, data 10 studi terdahulu menemukan, terjadi gangguan mental dan demensia pada seseorang seiring berkurangnya jumlah gigi. 

Dr Daiane Cerutti-Kopplin dari Federal University of Rio Grande do Sul, Brasil menarik kesimpulan, kesehatan mulut berkaitan dengan fungsi kognitif. Maka, penelitian ini membawa pesan agar seseorang rajin menyikat gigi dan memeriksakan kesehatannya secara berkala.

Saat ini, populasi penderita demensia dan alzheimer meningkat menjadi 25 juta orang di seluruh dunia.

Dalam hal ini, pasien dengan gangguan kognitif, demensia, dan  alzheimer ringan kemungkinan kurang menjaga kebersihan mulutnya.

Penelitian telah diterbitkan dalam jurnal Clinical JDR & Translation Research. 
Baca Berita Asal
Kurang Menjaga Kesehatan Gigi Tingkatkan Risiko Kepikunan
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kurang Menjaga Kesehatan Gigi Tingkatkan Risiko Kepikunan"

Post a Comment

Powered by Blogger.