Search This Blog

Berapa Besar Risiko Anak 'Tertular' Alergi dari Orang Tua?

Metrotvnews.com, Jakarta: Banyak orang berpikir bahwa anak yang memiliki orang tua dengan alergi tertentu, secara otomatis akan alergi hal yang sama. Hal tersebut memang tidak salah, namun seberapa berisiko alergi tersebut?

"Risiko alergi si kecil akan semakin tinggi apabila terdapat riwayat alergi pada keluarga inti, yaitu ayah, ibu dan saudara kandung," ujar Prof. DR. Dr. Budi Setiabudiawan, SpA (K), MKes, konsultan alergi imunologi anak Fakultas Kesehatan Universitas Padjajaran.

Anak dengan orang tua memiliki riwayat alergi, memiliki risiko sebesar 40-60 persen untuk terkena alergi juga. Jumlah presentase tersebut akan meningkat menjadi 60-80 persen jika orang tua tak hanya memiliki riwayat alergi, namun juga manifestasi yang sama.

Sementara itu, jika hanya salah satu orang tua yang memiliki riwayat alergi, kemungkinan anak memiliki alergi sekitar 20-30 persen. Angka ini lebih sedikit dibandingkan risiko anak yang memiliki saudara kandung yang memiliki riwayat  alergi, yaitu 25-30 persen.

Lalu, bila orang tua tidak memiliki riwayat alergi, apakah anak terbebas? Ternyata tidak. Anak masih memiliki risiko sebesar 5-15 persen untuk mengalami elergi.

"Meskipun berisiko, pada umumnya anak maksimal alergi pada tiga jenis makanan saja," pungkasnya.
Baca Berita Asal
Berapa Besar Risiko Anak 'Tertular' Alergi dari Orang Tua?
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Berapa Besar Risiko Anak 'Tertular' Alergi dari Orang Tua?"

Post a Comment

Powered by Blogger.