Search This Blog

Ini yang Membuat Orang Indonesia Lebih Suka Berobat ke Luar Negeri

Metrotvnews.com, Jakarta: Tak bisa dipungkiri, sebagian besar masyarakat Indonesia kalangan menengah-atas banyak yang memilih berobat di negara tetangga. Singapura, Malaysia, dan Thailand, merupakan negara yang sering dituju untuk mendapat penanganan medis.

Apa alasannya? 

Badan Penelitian dan Pengembangan Sumatera menjelaskan, hal tersebut dipengaruhi faktor eksternal dan internal.

Berdasarkan data 2005, pasien Indonesia merasa lebih percaya pada kemampuan medis luar negeri. Dalam komunikasi secara personal, dokter di luar negeri dianggap lebih ramah dan meyakinkan. 

Dari segi eksternal, sarana dan prasarana yang disediakan rumah sakit di luar negeri dinilai lebih canggih, dengan biaya yang relatif murah.

Sekjen Perhimpunan Fertilitas In Vitro Indonesia (PERFITRI) Dr dr Budi Wiweko, SpOG (K) mengungkapkan, dibutuhkan strategi yang kuat untuk bisa menarik kembali para pasien Indonesia yang berobat ke luar negeri.

"Beberapa strategi yang bisa diterapkan, yakni membuat tarif kompetitif, penyediaan peralatan yang canggih, pelayanan berkualitas, tenaga medis yang kompeten, serta keterjangkauan akses," urai Budi, dalam diskusi bertajuk Layanan Medical Tourism di Sahid Sahirman Fertility Center, Jakarta, Selasa (29/3/2016).

Strategi tersebut memang tak mudah dijalankan. Namun, bukan tak mungkin bisa terlaksana. Untuk menekan biaya produksi, Indonesia bisa melakukan kerja sama dengan pihak luar, seperti produsen farmasi atau alat kesehatan.

"Kalau hal ini bisa dilakukan, biaya pun bisa ditekan dan bersaing dengan negara tetangga. Tentunya dengan fasilitas yang tak kalah canggih," ucap Budi, optimistis.
Baca Berita Asal
Ini yang Membuat Orang Indonesia Lebih Suka Berobat ke Luar Negeri
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ini yang Membuat Orang Indonesia Lebih Suka Berobat ke Luar Negeri"

Post a Comment

Powered by Blogger.