Search This Blog

Ketahui Jumlah Air yang Harus Dikonsumsi Saat Berolahraga

Metrotvnews.com, Jakarta: Olahraga tak hanya menguras energi, tetapi juga cairan dan ion di dalam tubuh. Itu sebabnya, air diperlukan untuk mengganti cairan yang hilang.

Wakil ketua Persatuan Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga Dr Grace Tumbelaka, Sp.KO, mengatakan, 90 persen anak mengalami dehidrasi sebelum berolahraga. Sementara, pada orang dewasa, 70 persennya dehidrasi sebelum berolahraga.

Mengonsumsi cairan tubuh dianjurkan pada saat sebelum, ketika, dan setelah berolahraga agar cairan dalam tubuh yang terbuang bisa terganti.

"Empat jam dan dua jam sebelum berolahraga setidaknya minum 200-250 cc air," saran Grace, dalam edukasi kesehatan yang berlangsung di Jakarta, Selasa (29/3/2016).

Di sela berolahraga, dianjurkan minum air sebanyak 100-120 cc. 

Bila berolahraga dengan durasi lebih dari satu jam, air saja tak cukup. Siapkan minuman berisotonik untuk menyeimbangkan kadar air dan kadar natrium yang telah terbuang melalui keringat. 

Ada pun jumlah minuman yang harus dikonsumsi setelah berolahraga adalah  0,5-2 liter air.

Dr. Grace juga menyarankan untuk menimbang berat badan sebelum dan sesudah berolahraga karena jumlah yang berkurang merupakan cairan yang terbuang.

"Jika berat berkurang hingga setengah kilogram, minum 600-700 ml isotonik, sesuai dengan anjuran American College of Sports Medicine," katanya.
Baca Berita Asal
Ketahui Jumlah Air yang Harus Dikonsumsi Saat Berolahraga
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ketahui Jumlah Air yang Harus Dikonsumsi Saat Berolahraga"

Post a Comment

Powered by Blogger.