Search This Blog

Pasien Kanker yang Dirawat Rumah Memiliki Harapan Hidup Lebih Besar

Metrotvnews.com, Jakarta: Pasien kanker yang dirawat di rumah memiliki angka harapan hidup lebih tinggi daripada mereka yang dirawat di rumah sakit. Hal tersebut merupakan kesimpulan penelitian yang dilakukan peneliti di Jepang, belum lama ini.

Temuan yang dipublikasikan secara online pada Jurnal Kanker ini menunjukkan, para ahli Onkologi kini tak perlu ragu untuk merujuk pasiennya untuk mendapat perawatan paliatif di rumah, meski perawatan tersebut mungkin tak sebaik di rumah sakit.

Studi tersebut dilakukan oleh Dr Juni Hamano dari University of Tsakuba, Jepang. Dia dan rekan-rekan peneliti mengobservasi 2 ribu pasien, yang mana 1.582 pasien mendapat perawatan paliatif di rumah sakit, dan 487 sisanya mendapat perawatan di rumah.

Para peneliti menemukan bahwa kelangsungan hidup pasien yang meninggal di rumah secara signifikan lebih lama daripada pasien yang meninggal di rumah sakit, bahkan setelah disesuaikan dengan karakteristik demografi dan klinis pasien, serta faktor-faktor lainnya.

Ia mengatakan, "Pasien kanker dan keluarga cenderung khawatir bila kualitas perawatan medis yang tersedia di rumah akan lebih rendah dengan yang diberikan di rumah sakit, dan membuat jangka waktu untuk hidup lebih singkat."

Namun, temuan tersebut membuktikan bahwa perawatan di rumah tidak memberi pengaruh buruk pada kelangsungan hidup pasien kanker sama sekali dan justru memberi pengaruh positif.

Baca Berita Asal
Pasien Kanker yang Dirawat Rumah Memiliki Harapan Hidup Lebih Besar
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pasien Kanker yang Dirawat Rumah Memiliki Harapan Hidup Lebih Besar"

Post a Comment

Powered by Blogger.