Search This Blog

5 Fakta tentang Otak Bayi

Metrotvnews.com, Jakarta: Wanita yang baru pertama kali menjadi ibu, tentunya harus mengetahui banyak pengetahuan tentang anak. Termasuk perkembangan otak bayi.

Pertumbuhan otak bayi cukup pesat. Dengan mengetahui perkembangan otak bayi, Anda dapat melatih bayi untuk meningkatkan kualitas otaknya.

1.  Otak bayi tumbuh dengan cepat

Setelah lahir, otak manusia tumbuh dengan cepat. Pertumbuhan otak bayi dua kali lebih cepat untuk mencapai ukuran 60 persen dari ukuran otak dewasa pada usia satu tahun.

Perkembangan otak anak akan sempurna saat memasuki pendidikan usia dini. Tak jarang pula, otak terus berkembang hingga umur 20 tahun.

2. Kurang fokus

Otak bayi memiliki neurotransmiter dan lebih banyak saraf sambungan dibandingkan otak orang dewasa, sehingga penilaian bayi tentang suatu yang nyata masih kurang fokus dibandingkan orang dewasa.

Pada umumnya, bayi masih samar-samar untuk menyadari dan mengingat sesuatu hal. Beberapa menyamakan persepsi bayi dalam bentuk lentera yang cahayanya masih redup dibandingkan orang dewasa yang seperti senter.

3. Mengoceh

Jika diperhatikan, bayi akan selalu mengeluarkan ocehan saat melihat sesuatu hal yang baru. Perlu Anda ketahui, ocehan yang disuarakan oleh bayi kita bukan tanpa makna, tetapi itu adalah tanda bahwa dia ingin belajar sesuatu.

Hal yang perlu dilakukan saat bayi mengoceh yaitu membalasnya dengan sebuah tindakan. Ajak bayi bicara dan tuntun untuk mempelajari sesuatu yang menarik perhatiannya.

4. Lingkungan sosial untuk belajar bahasa

Dilansir Times of India, penelitian terbaru menunjukkan, lingkungan sosial sangat bagus bagi bayi untuk memelajari bahasa. Pada umumnya, buah hati membagi perhatian antara hal-hal yang merespons mereka dan yang tidak.

Oleh karena itu, hal-hal yang tidak memberikan respons secara langsung, seperti video, tidak layak dijadikan sarana pembelajaran bayi.

5. Bayi butuh orang lain selain orang tua

Para peneliti berteori, bayi yang menghabiskan waktu bersama orang lain seperti pengasuh, guru tempat penitipan anak, atau anggota keluarga yang lain akan sangat membantu bayi belajar membaca ekspresi wajah dan memperluas kemampuan mengambil sudut pandang.
Baca Berita Asal
5 Fakta tentang Otak Bayi
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "5 Fakta tentang Otak Bayi"

Post a Comment

Powered by Blogger.