Search This Blog

Bagaimana Langkah Pengobatan Kanker Serviks?

Metrotvnews.com, Jakarta: Kanker merupakan penyakit yang bisa disembuhkan secara total jika ditangani sejak dini. Begitu juga kanker serviks. 

Dikutip Web MD, penanganan kanker serviks biasanya tergantung seberapa parah tingkat penyakit. Tim dokter biasanya akan mengukur tingkat penyakit ke beberapa kategori, kemudian mengukur seberapa jauh kanker telah berkembang dan menyebar. 

Setelah mengetahui hal tersebut, tim dokter akan merekomendasikan pilihan pengobatan yang tepat. Selain kondisi kanker, pertimbangan pengobatan yang diberikan juga mempertimbangkan usia, riwayat kesehatan, dan kondisi fisik pasien.

Pada kondisi tertentu, penderita kemungkinan mendapatkan kombinasi beberapa penanganan.

Ada pun pilihan pengobatan yang biasa diterapkan pada penderita kanker serviks yakni operasi, radioterapi dan kemoterapi.

Jika kanker masih berada pada tahap awal, operasi pengangkatan sebagian atau seluruh organ rahim bisa menjadi pilihan. 

Sementara, radiasi dan kemoterapi menjadi penanganan untuk kanker stadium menengah hingga lanjut. Terkadang, operasi juga masih dibutuhkan penderita kanker serviks stadium lanjut. 

Faktor Risiko Kanker Serviks

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan, 43 persen kanker dapat dicegah. Meski demikian, risiko kanker bisa dengan mudah menyerang pada orang yang memiliki faktor risiko tinggi.

Siapa saja yang berpotensi terkena kanker serviks?

1. Orang yang kerap berganti pasangan. Melakukan seks aman dapat melindungi diri dari risiko ini.

2. Memiliki masalah dengan kekebalan tubuh

Orang-orang yang memiliki kekebalan tubuh rendah lebih mudah terkena virus HPV. Selain faktor dari dalam, ada faktor dari luar berpotensi menurunkan kekebalan tubuh, misalnya merokok dan menghirup asap rokok. 
Baca Berita Asal
Bagaimana Langkah Pengobatan Kanker Serviks?
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Bagaimana Langkah Pengobatan Kanker Serviks?"

Post a Comment

Powered by Blogger.