Search This Blog

Penderita Diabetes Boleh Konsumsi Makanan Manis, dengan Catatan...

Metrotvnews.com, Jakarta: Penyakit diabetes harus melakoni diet makanan manis. Sebab, mereka harus mengontrol kadar gula darah melalui kalori yang masuk ke dalam tubuh.

Lantas, benarkah penderita diabetes tidak boleh makan makanan manis sama sekali?

"Tidak juga," ujar Lara Rondinelli-Hamilton, pakar dibetes bersertifikat dari DuPage Medical Centre, Chicago. "Dengan perencanaan, Anda dapat menikmati makanan manis dan tetap menjaga kadar gula darah Anda," kata Lara, menambahkan. 

Bagaimana penderita diabetes dapat menikmati makanan manis?

1. Tukar karbohidrat dengan hidangan penutup

"Para penderita diabetes lebih fokus pada gula. Padahal, yang paling penting adalah berapa total karbohidrat yang Anda makan," ujar Rondonelli-Hamilton, salah satu penulis buku Healthy Calendar Diabetic Cooking sebagaimana dilansir Web MD.

"Pilih salah satu. Jika Anda ingin menikmati pie manis sebagai hidangan penutup, maka Anda harus mengurangi asupan nasi atau kentang pada hidangan utama," jelas dia.

Penukaran hidangan baiknya dilakukan satu kali dalam seminggu untuk menghindari kebosanan terhadap menu makanan yang itu-itu saja. 

2. Porsi kecil

"Gula memiliki efek candu, yang membuat Anda ketagihan untuk makan lebih banyak. Ini tantangannya, bisakah Anda makan dengan porsi kecil?," ujar Jessica Bennett, RD, ahli diet di Vanderbilt University Medical Center, Nashville. 

Jessica menyarankan untuk membeli makanan manis yang dikemas dalam satu porsi kecil. Pastikan juga Anda mengetahui informasi gizi yang terkandung dalam makanan yang Anda makan.

3. Pilih salad buah

Salad buah bisa menjadi alternatif hidangan manis untuk dikonsumsi penderita diabetes. "Buah mengandung karbohidrat dan gula, tapi buah juga memiliki kandungan vitamin, mineral, dan serat yang sehat," pungkas Rondinelli. 
Baca Berita Asal
Penderita Diabetes Boleh Konsumsi Makanan Manis, dengan Catatan...
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Penderita Diabetes Boleh Konsumsi Makanan Manis, dengan Catatan..."

Post a Comment

Powered by Blogger.