Search This Blog

Waspadai 8 Masalah Kulit Ini!

Metrotvnews.com, Jakarta: Ketika kulit Anda bermasalah, mungkin Anda akan dengan mudahnya menganggap bahwa itu adalah hal yang biasa. Tapi ternyata, kulit Anda seperti sistem alarm bagi tubuh Anda dan bisa memberi tanda adanya masalah kesehatan di dalam tubuh Anda.

Berikut adalah delapan masalah kulit dan apa masalah kesehatan yang mengintainya seperti dilansir Prevention.

1. Kulit sangat kering hingga terlihat pecah-pecah
Ini cenderung dialami saat musim dingin dimana penghalang pelindung kulit Anda rusak sehingga menyebabkan kehilangan hidrasi. Namun, jika Anda mengalami gejala seperti kelelahan, sembelit, kenaikan berat badan, Anda mungkin memiliki tiroid yang kurang aktif. Kulit kering juga bisa menjadi tanda kekurangan asam lemak omega3. Perbanyak makanan yang kaya omega 3 seperti edamame, kenari dan daging sapi.

2. Kulit merah-merah
Jika kulit terlihat merah-merah di bagian pipi bisa jadi itu adalah rosacea. Pemicunya bisa bervariasi seperti cuaca dingin, alkohol, makanan pedas dan stres. Dokter kulit mungkin akan memberikan obat-obatan untuk memperbaiki penampilan dan menjaga kemerahan di batas minimum.

3. Bintik-bintik
Munculnya bintik-bintik hitam biasanya dipicu oleh paparan sinar matahari yang berlebihan. Itu adalah cara dari kulit untuk melindungi dirinya sendiri dari kerusakan akibat sinar matahari. Bintik-bintik akibat sengatan matahari biasanya berisiko melanoma, sehingga penting untuk pergi segera ke dokter.

4. Jerawat
Jerawat yang banyak dan besar biasanya meningkat saat Anda mengalami stres berat seperti masalah pekerjaan, putus cinta atau masa haid pada wanita. Hormon merupakan peran kunci dalam memicu jerawat yang sering mengalami peradangan dan cenderung menimpa wajah dan leher yang lebih rendah.

Jika jerawat Anda tidak responsif terhadap obat-obatan dan Anda juga mengalami haid yang tidak teratur dan pertumbuhan rambut juga berat badan yang tak diinginkan, itu bisa menjadi tanda pembesaran ovarium.

5. Bintik merah
Bintik atau bercak-bercak merah pada kulit bisa jadi Anda mengalami psoriasis, gangguan autoimn dimana sistem kekebalan tubuh mengirim sinyal yang memberitahu sel kulit tumbuh terlalu cepat. Orang yang menderita ini bisa jadi pertanda dirinya mengidap diabetes, tekanan darah tinggi dan penyakit kardiovaskular.

6. Kulit pucat
Kulit pucat yang terjadi berbarengan dengan kekurangan energi dan sesak napas, bisa menjadi tanda dari anemia. Ini biasanya disebabkan oleh orang yang kekurangan zat besi dan bisa diobati dengan suplemen zat besi atau menambah lebih banyak porsi makanan yang kaya zat besi seperti unggas, seafood dan sayuran yang berdaun hijau tua.

7. Bercak hitam
Bercak hitam pada leher, bagian bawah lengan dan paha adalah sebuah kondisi yang disebut acanthosis nigricans. Kondisi ini menyebabkan kulit di daerah yang terinfeksi menjadi lebih hitam, tipis dan merinding ketika disentuh.

Kondisi ini dapat menjadi tanda resistensi insulin dalam tubuh yang bisa berkembang menjadi diabetes tipe2. Segera uji kadar gula Anda jika mengalami gejala ini.

8. Gatal berlebihan
Gatal berlebihan yang paling umum terjadi adalah karena reaksi alergi terhadap sesuatu yang Anda makan atau pemakaian obat-obatan. Untuk mengatasinya, cobalah mengambil obat antihistamin. Dokter Anda mungkin juga akan mengecek apa penyebab gatalnya apakah karena alergi, infeksi, gigitan atau penyakit dalam seperti celiac, anemia dan diabetes.
Baca Berita Asal
Waspadai 8 Masalah Kulit Ini!
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Waspadai 8 Masalah Kulit Ini!"

Post a Comment

Powered by Blogger.