Search This Blog

Penderita Skizofrenia Jangan Disembunyikan

Metrotvnews.com, Jakarta: Di Indonesia, tak sedikit orang yang merasa malu jika memiliki kerabat yang memiliki gangguan jiwa atau biasa disebut dengan istilah medis Skizofrenia. Mereka pun memilih menyembunyikan para penderita dengan mengurungnya di dalam rumah, bahkan ada pula yang sampai dipasung.

Berdasarkan data Human Right Watch (HRW), sekitar 18.800 orang dengan berbagai gangguan jiwa dipasung oleh keluarga, seperti dikutip CNN.

"Kemungkinan besar mreka takut penderita bisa berbahaya saat kambuh," terang Ivan Sujana, M. Psi, psikolog klinis Fakultas Psikologi Universitas Indonesia saat ditemui Metrotvnews.com.

Menanggapi sikap beberapa keluarga tersebut, Ivan mengatakan bahwa seharusnya bukan pasung atau sembunyi di rumah yang dilakukan pada penderita Skizofrenia. Penderita gangguan jiwa harus diobati dengan konsultasi pada psikolog dan psikiater.

Skizofrenia merupakan salah satu gangguan jiwa dimana seseorang putus kontak dengan realitas yang ada, sehingga penderita merasa memiliki dunianya sendiri. 

Penyakit ini merupakan salah satu penyakit yang sifatnya kambuhan. Namun, munculnya kembali gejala ini bisa dikontrol, asalkan melakukan pengobatan dengan teratur.
Baca Berita Asal
Penderita Skizofrenia Jangan Disembunyikan
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Penderita Skizofrenia Jangan Disembunyikan"

Post a Comment

Powered by Blogger.