Search This Blog

Ini Dia Pentingnya Mendampingi Anak Bereksplorasi

Dunia anak adalah dunia bermain. Itulah kenapa sebagian besar waktu anak digunakan untuk bermain. Meski terlihat sepele, ternyata bermain memiliki manfaat besar bagi tumbuh kembang anak. Sambil bermain, anak pun dapat mengeksplorasi lingkungan di sekitarnya.


Adalah hal yang lumrah jika anak mengeksplorasi lingkungannya. Sebab, eksplorasi merupakan langkah pertama dalam mempelajari tentang benda dan belajar bagaimana memecahkan masalah. Dalam kegiatan eksplorasi terdapat proses pengenalan dan interaksi dengan hal-hal baru. Mulai dari keterampilan sensorik motorik, keterampilan dalam berkomunikasi, sosial emosional, kemandirian, kognitif, dan kreativitas anak.



Anak biasanya semakin tertarik untuk bereksplorasi ketika sudah bisa berjalan. Sejak usia satu tahun, rasa ingin tahunya kian meningkat. Dia akan belajar menggunakan panca indra dengan menyentuh, melihat, mencium aroma, mencicipi, dan mendengar. Ketika anak bereksplorasi, peran orang tua dalam mendampingi serta menyediakan ruang gerak untuknya sangatlah penting. Jangan melarangnya! Umumnya anak yang sejak kecil terbiasa bereksplorasi, maka tumbuh kembangnya akan lebih optimal dan kelak menjadi pribadi yang tangguh.


Apa saja manfaat dari kegiatan eksplorasi yang dilakukan anak?


1. Melatih kemampuan motorik

Otot-otot anak akan bergerak ketika dia bereksplorasi. Anak akan belajar keseimbangan dan kontrol diri. Berlari, berjalan, terjatuh, akan menjadi pengalaman bagi anak. Dia akan belajar dari kesalahan yang terdahulu. Misalnya, berlari harus memperhatikan jalan. Jika tidak, maka dia akan jatuh karena tersandung.


2. Melatih kemampuan persepsi


Anak jadi tahu letak ruang dan benda di rumah dan lingkungan sekitarnya. Contoh, dengan berjalan menyusuri area rumah, dia jadi tahu letak ruang bermain, dan posisi kamar orang tuanya. Saat diajak berjalan sore di sekitar rumah, dia jadi tahu di sana ada pohon bunga yang cantik, serta mengenali rupa kupu-kupu dan capung.


3. Memahami hubungan sebab akibat


Ketika terjatuh atau tersandung batu, anak dapat mengetahui bahwa berjalan harus memperhatikan objek di sekitarnya. Dia pun jadi tahu bahwa dibutuhkan fokus ketika melakukan sesuatu hal (dalam hal ini berjalan). Jika tidak, dia bisa terjatuh dan sakit.


4. Mengenal ragam bentuk benda dan bunyi


Biarkan anak Anda memukul kaleng, mengetuk sendok ke piring, atau bermain bola. Sebab, itu adalah cara dia mengeksplorasi bentuk benda dan bunyi. Bila Anda kerap melarang anak, bagaimana dia bisa tahu kalau bola itu bundar dan kaleng kosong berbunyi saat dipukul?


5. Belajar memahami proses


Saat Anda hendak memberi anak makanan dan dia berada jauh dari Anda, maka dia harus berusaha mendekati Anda. Entah dengan cara merangkak atau berjalan tertatih. Di situ anak akan mengetahui bahwa ada sebuah proses yang harus dilaluinya untuk mendapatkan sesuatu.


Pentingnya Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak Bereksplorasi


Bagaimanapun cara anak bereksplorasi, hal utama yang tidak boleh terlewatkan adalah kehadiran orang tua untuk mendampinginya. Menurut Susan H. Landry, PhD, seorang psikolog perkembangan anak sekaligus pendiri Children’s Learning Institute di University of Texas Health Science Center Amerika Serikat, kehadiran orang tua saat mendampingi anak beraktivitas, memiliki dampak positif bagi perkembangan dan kemampuannya dalam bereksplorasi. Jadi, jangan lupa dampingi anak selalu saat bermain!

 

Dukung Kegiatan Eksplorasi Anak dengan Nutrisi Seimbang


Untuk menunjang kegiatan eksplorasi, anak harus sehat dan kuat. Proses eksplorasi akan berjalan optimal jika didukung dengan nutrisi yang baik. Oleh karena itu, Anda perlu memenuhi kecukupan nutrisi anak setiap hari, salah satunya dengan makanan bergizi dan susu pertumbuhan. Susu Friso dapat membantu memperkuat daya tahan tubuh anak dari dalam saat ia beraktivitas. Baiknya lagi, Friso Gold 3 (untuk anak 1 - 3 tahun) dan Friso Gold 4 (untuk anak usia 3 tahun ke atas) melewati Single Process di mana susu tidak dipanaskan secara berlebih, sehingga kandungan nutrisi di dalamnya tetap terjaga, dan mudah dicerna tubuh.


Produk susu premium yang diproses dan diproduksi langsung di Belanda ini senantiasa membantu meningkatkan daya tahan tubuh anak dari dalam, agar dia bebas beraktivitas dan mendapatkan pengalaman berharga bersama Anda. Dengan daya tahan tubuh yang baik, Anda tak perlu was-was anak menjadi sakit karena aktif bereksplorasi. Ingin tahu cara eksplorasi seru lainnya? Yuk, temukan berbagai inspirasi di sini!

 


Baca Berita Asal
Ini Dia Pentingnya Mendampingi Anak Bereksplorasi
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ini Dia Pentingnya Mendampingi Anak Bereksplorasi"

Post a Comment

Powered by Blogger.