Search This Blog

Bersekolah Jangan Hanya untuk Mengejar Gelar

Metrotvnews.com, Jakarta: Angka pengangguran di Indonesia masih cukup tinggi. Bahkan, tak sedikit mereka yang sudah bergelar sarjana dan magister pun masih belum mendapat pekerjaan.

Menurut pakar pendidikan Indonesia Prof. Dr. Arief Rachman, MPd, mengejar status atau gelar masih menjadi motivasi sebagian besar siswa dalam belajar. Ini menyebabkan mereka tidak fokus dalam meningkatkan kualitas diri.

"Dua puluh tahun lalu, kita diberitahu tujuan bersekolah hanya untuk lulus dan mendapat status. Pemikiran seperti ini harus diubah," ujar Arief Rachman, saat ditemui di Jakarta, Rabu (20/4/2016).

Idealnya, kesejahteraan hidup seseorang harus lebih tinggi seiring tingginya tingkat pendidikan. Namun, ironis, hal tersebut tidak sepenuhnya terjadi pada masyarakat Indonesia.

Hingga saat ini, masih banyak orang mengutamakan nilai tinggi ketimbang proses belajar. Budaya mencontek pun masih berkembang di kalangan pelajar Indonesia.

"Kenapa dan bagaimana, lebih penting daripada apa," ujar Arief.

Oleh karena itu, penting bagi pelajar dan mahasiswa untuk menanamkan dalam diri mengenai motivasi bersekolah. Bahwa menempuh pendidikan formal tak cuma demi selembar ijazah. 

Lebih dari itu, pendidikan merupakan jalan dalam meningkatkan kualitas dan keterampilan agar mampu bersaing di dunia kerja.
 

Baca Berita Asal
Bersekolah Jangan Hanya untuk Mengejar Gelar
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Bersekolah Jangan Hanya untuk Mengejar Gelar"

Post a Comment

Powered by Blogger.