Search This Blog

Orang Asia Lebih Riskan Terkena Diabetes

Metrotvnews.com, Jakarta: Data International Diabetes Federation (IDF) mengungkapkan bahwa 415 juta orang di dunia mengidap diabetes pada 2015 lalu. Di Indonesia, pengidap diabetes mencapai 10 juta orang dan menempati peringkat ke 7 pada tahun yang sama. 

Sementara negara Tiongkok berada di puncak tertinggi dengan total 109,6 juta penderita diabetes, dan kemudian disusul India yang memiliki 69 juta penderita diabetes.

"Secara genetik, orang Asia lebih mudah terkena diabetes dibandingkan orang Kaukasian," jelas dr. Tri Juli Edi Tarigan, Sp.PD-KEMD, FINASIM, Ahli Penyakit Dalam dan Konsultan Endokrin di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM).

Selain itu, ia juga mengungkapkan bahwa penyakit diabetes lebih banyak menyerang negara berkembang ketimbang negara maju. Bahkan, sebanyak 77 persen dari penderita diabetes berasal dari negara dengan pendapatan kapital yang menengah hingga rendah.

Ia menjelaskan, kebiasaan makan nasi bagi orang Asia pun bisa menjadi salah satu penyebab mengapa penyakit ini sebagian besar menyerang dua pertiga penduduk Asia. Karbohidrat yang terdapat dalam nasi memiliki banyak kandungan glukosa.

"Oleh karena itu, cobalah ganti nasi dengan menu variasi lain seperti mie, roti, atau kentang," sarannya dalam acara media workshop Rahasia Mencapai Gula Darah yang Terkendali di Jakarta, Selasa (26/4/2016).
Baca Berita Asal
Orang Asia Lebih Riskan Terkena Diabetes
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Orang Asia Lebih Riskan Terkena Diabetes"

Post a Comment

Powered by Blogger.