Search This Blog

Terlalu Lama Mengetik Picu Neuropati

Metrotvnews.com, Jakarta: Lebih dari 50 persen aktivitas dan gaya hidup masyarakat modern berisiko menyebabkan neuropati.

Neuropati merupakan gangguan dan kerusakan saraf tepi yang ditandai dengan gejala kesemutan, kebas, dan kram. Saraf tepi adalah juluran dari sistem saraf dari otak ke sumsum tulang belakang, yang memengaruhi bagian sensorik, motorik, dan otonom dalam tubuh.

Neuropati menjadi penyakit yang dapat mengakibatkan penurunan kekuatan motorik, penurunan sensasi rasa sehingga penderitanya lebih mudah terluka, dan mengalami beberapa implikasi seperti impotensi, depresi, penurunan berat badan, dan Carpal Tunnel Syndrome (CTS).

Carpal Tunnel Syndrome (CTS) merupakan gangguan yang disebabkan oleh gerakan berulang naik turun, atau gerakan terus menerus pada pergelangan tangan sehingga mengakibatkan pembengkakan pada tendon, yang menekan saraf medianus pada daerah tersebut.

Beberapa kegiatan yang dapat memicu terkenanya CTS adalah mengetik di gadget dan komputer, menyetir kendaraan dalam waktu lama, dan mencuci baju (atau pekerjaan rumah tangga lain) dengan menggunakan tangan.

Biasanya, CTS dialami saat masih berusia muda dan produktif serta cenderung memburuk pada malam hari.

Selain gerakan di atas, beberapa gerakan sehari-hari pun dapat membuat seseorang terkena neuropati, seperti duduk lama dengan posisi yang sama dan memakai sepatu hak tinggi.

"Neuropati bisa mengarah pada kelumpuhan bila tidak diobati karena saraf menjadi rusak dan sulit diperbaiki," ujar dr. Manfaluthy Hakim, SpS(K), konsultan neurologis dari Departemen Neurologi FKUI/RSCM dalam dalam media workshop bertajuk #LawanNeuropati, Rabu (27/4/2016).
Baca Berita Asal
Terlalu Lama Mengetik Picu Neuropati
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Terlalu Lama Mengetik Picu Neuropati"

Post a Comment

Powered by Blogger.