Search This Blog

6 Bahan Berbahaya Dalam Body Lotion

Metrotvnews.com, Jakarta: Hampir setiap wanita menggunakan pelembap atau body lotion sehabis mandi untuk melembutkan kulit mereka. Tahukah Anda, ada beberapa bahan yang terkandung dalam body lotion berpotensi membahayakan kulit Anda. 

Berikut adalah enam jenis kandungan racun dalam body lotion yang harus Anda waspadai dan hindari seperti dilansir Prevention.

1. Butylated Hydroxynisole (BHA)
BHA adalah pengawet makanan dan stabilizer yang sering ada dalam body lotion, lipstik hingga obat infeksi jamur.  Hati-hati, bahan ini dapat mengganggu endokrin (kelenjar yang mengatur fungsi tubuh lewat hormon ke aliran darah) dan bisa menjadi karsinogen (zat yang menyebabkan kanker) pada manusia.

2. DMDM Hydantoin
Bahan misterius yang satu ini adalah jenis pengawet fromalin yang digunakan dalam berbagai macam produk perawatan diri, termasuk body lotion. Sebanyak 20 persen bahan formaldehida terdapat dalam semua kosmetik dan produk perawatan menurut Environmental Working Group. Bahan ini bisa mengiritasi mata dan kulit. Namun, belum ada bukti bahan ini adalah karsinogen.

3. Pewangi dan parfum
Anda mungkin berpikir bahwa lotion Anda memiliki aroma yang sedap seperti wangi buah-buahan atau bunga. Bila Anda melihat tulisan "fragrance" atau "parfum" pada labelnya, ini bisa jadi pertanda adanya bahan yang berbahaya dalam lotion Anda. Menurut Environmental Working Group, phthalates digunakan pada hampir segala jenis kosmetik juga untuk insektisida pada kayu. Wewangian sintetis pada lotion memancarkan VOC berbahaya yang mencemari kualitas udara dalam ruangan dan bisa menyebabkan alergi pernapasan seperti asma.

4. Parabens
Anda akan menemukan parabens di hampir semua body lotion bahkan merek ternama. Mereka mencegah bakteri dan jamur tumbuh dalam botol pelembap Anda. Parabens sebaiknya tidak muncul menjadi jamur yang bisa mengakibatkan gangguan hormon dan kanker payudara. Untungnya, produsen lotion telah menemukan cara yang aman untuk menjaga produk mereka bebas dari jamur seperti menggunakan vitamin E dan asam sitrat, meski produk ini cenderung memiliki tanggal kedaluwarsa yang lebih pendek.

5. Retinyl pamitate
Ini adalah bentuk paling kontroversial dari vitamin A, yang akan Anda lihat di beberapa tabir surya, serta lotion anti penuaan. Sebuah studi dari National Toxicology Program menemukan bahwa tikus yang terpapar retinyl pamitate mengembangkan tumor setelah terkena paparan sinar matahari. Jika Anda menggunakan lotion yang mengandung bahan ini, sebaiknya gunakan di malam hari.

6. Triethanolamine
Bahan ini adalah zat yang memiliki kadar alkali tinggi dan digunakan untuk menyeimbangkan pH di berbagai lotion dan kosmetik, terutama maskara. Meski digunakan secara umum, bahan ini dianggap berbahaya dan tidak boleh digunakan jangka panjang karena bisa membuat kulit dan pernapasan iritasi dan meracuni kekebalan tubuh. Meski triethanolamine dianggap tidak beracun untuk hewan dan organisme, air limbang yang dilepaskan dari tanaman yang mengandung sejumlah besar triethanolamine secara signifikan dapat mengubah pH sungai dan alirannya.
Baca Berita Asal
6 Bahan Berbahaya Dalam Body Lotion
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "6 Bahan Berbahaya Dalam Body Lotion"

Post a Comment

Powered by Blogger.