Search This Blog

Penderita Skizofrenia Sulit Disembuhkan

Metrotvnews.com, Jakarta: Banyak orang mempertanyakan apakah penyakit Skizofrenia atau gangguan jiwa bisa kembali normal menjalani kehidupannya. Lalu, apakah penderita Skizofrenia bisa disembuhkan?

"Kalau sudah kena, tipis harapan untuk sembuh," ujar Ivan Sujana, M. Psi, psikolog klinis Fakultas Psikologi Universitas Indonesia saat ditemui Metrotvnews.com.

Ia menjelaskan, pengobatan yang dilakukan di rumah sakit hanya membuat penderita menjadi lebih baik dan terkontrol, bukan menyembuhkan secara total.

Selain itu, adanya bantuan dari psikiater sangat dianjurkan karena obat-obatan yang diresepkan hanya akan membantu menghilangkan gejala munculnya gangguan ini ataupun menguranginya saat kambuh.

Skizofrenia adalah gangguan jiwa dimana seseorang putus kontak dengan realitas sehingga memiliki dunianya sendiri. Penderita akan mengalami beberapa hal seperti halusinasi, delusi, hingga respon yang bertolak belakang dengan orang normal.

Meski demikian, intelegensi dan pertumbuhan fisik penderita tidak terpengaruh dengan gangguan ini. "Mitos yang menyatakan orang Skizofrenia itu bodoh atau pendek umur itu tak benar. Ada juga yang pintar dan sehat seperti orang normal," katanya.
Baca Berita Asal
Penderita Skizofrenia Sulit Disembuhkan
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Penderita Skizofrenia Sulit Disembuhkan"

Post a Comment

Powered by Blogger.